Lestarikan Seni Budaya Sunda Yang Mulai Luntur Bagi Generasi Muda -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Lestarikan Seni Budaya Sunda Yang Mulai Luntur Bagi Generasi Muda

Kamis, 29 Maret 2018


SUKABUMI - cekupdate.com
Derasnya budaya luar negeri yang masuk ke Indonesia, sulit dibendung dan menjadi tren hari ini di kalangan generasi muda. Sejatinya setiap daerah memiliki budaya sendiri sebagai kearifan lokal.

Berangkat dari kekhawatiran tersebut, Pemerhati Seni dan Budaya asal Sukabumi Junaedi yang juga biasa disebut Ki Sunda, di sela kesibukannya gencar mengkampanyekan seni tradisional sunda yang merupakan identitas asli daerah.

" Arus budaya yang masuk itu tidak dapat dibendung. Minimalnya kita bisa meng-counter atau mempertahankan keaslian budaya kita dengan melestarikannya, dari seluruh aspek, " ujarnya.

Selain memperluas silatu­rah­mi dengan berbagai praktisi seni, dirinya pun turut serta menjaga budaya daerah dan peduli terhadap pelestarian, pengenalan serta pengembangan seni tradisional kepada generasi muda hingga jati diri Sunda tidak luntur tergerus zaman now.

Dirinya berkeinginan kuat agar masyarakat turut menularkan rasa cinta terhadap local culture kepada khalayak ramai agar tidak menjadi tamu di tanah sendiri. " Selain ingin melestarikan seni budaya sunda, saya juga ingin menumbuhkan kecintaan para generasi muda terhadap budaya sendiri, " terang Ki Sunda yang biasa menjadi Dalang itu.



Menurutnya seni budaya asli harus dipertahankan sebagai identitas suatu daerah. Sehingga di kemudian hari tidak hilang digerus zaman dengan segala hingar bingar dan kegemerlapan budaya luar. " Kalau bukan kita yang melestarikan, siapa lagi. Seni budaya daerah adalah identitas, " ujarnya.

Dirinya pun menambahkan agar Pemerintah Kabupaten Sukabumi khususnya agar lebih fokus kepada kepribadian Sunda, banyaknya kesenian Sunda yang berada di Sukabumi yang mulai pudar dari pengetahuan generasi muda.

" Hariwang budaya jeung kasundaan keuna kana babasaan sepuh jati kasilih ku junti aki mah sabab para nonoman ayeuna loba nu kabongroy ku anjing gentongan, " pungkasnya.

Sumber : Redaksi cekupdate.com