Panwaslu Kecamatan Parungkuda Ajak Masyarakat Awasi Pilkada Jawa Barat 2018

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Panwaslu Kecamatan Parungkuda Ajak Masyarakat Awasi Pilkada Jawa Barat 2018

Selasa, 26 Juni 2018


SUKABUMI - cekupdate.com
Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Parungkuda mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya Pilkada serentak 2018. Ajakan tersebut disampaikan Ketua Panwaslu Kecamatan Parungkuda Herwin Suherwin dalam acara rapat Sosialisasi dan peningkatkan Partisipasif Masyarakat Dalam pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018, di aula MTS Al Fitriah yang berada di kampung Suweng 13/06 Desa Sunda Wenang Kecamatan Parungkuda Sukabumi, Selasa (26/06/18).

" Kami mengajak seluruh komponen masyarakat Parungkuda untuk bersama-sama mengawasi jalannya Pilkada serentak 2018. Secara formal memang kami di jajaran Panwaslu sampai ke pengawas lapangan yang melakukan pengawasan, tapi secara umum semuanya memiliki kewajiban moral untuk pengawasan ini, " ajak Herwin.

Tugas pengawasan sangat berat, bukan hanya tugas Panwaslu, tapi semua punya kewajiban yang sama dalam rangka mengawasi pemilu. Parpol, pemantau, masyarakat umum, punya tugas yang sama walaupun secara formal Panwaslu punya kewajiban khusus dalam pengawasan ini. 

" Kami memandang acara ini sangat perlu dilakukan dengan mengundang banyak unsur, sehingga tujuan pengawasan bisa tersampaikan, " ujarnya.

Dikatakan, paradigma ke depan, Panwaslu Kecamatan Parungkuda akan meningkatkan kinerja lebih baik dari sebelumnya. Ia bersama jajarannya mempunyai komitmen kuat untuk meningkatkan kinerja sesuai aturan yang berlaku. Ini menurutnya tidaklah gampang karena dibutuhkan keterlibatan semua elemen di dalamnya.

" Secara formal tugas pengawasan berada di Panwaslu Kabupaten sampai PPL. Tapi secara hakikat, rakyat sebagai pelaku utama pesta demokrasi memiliki beban dan tanggung jawab untuk terlibat dalam pengawasan partisipatif. Rakor yang ketiga ini diharapkan dapat timbul animo masyatakat dalam menindaklanjuti tindakan administratif dan pidana, " jelasnya lagi.

Dalam acara yang turut hadiri Muspika Kecamatan Parungkuda dan dihadiri oleh para Kepala Desa se-Kecamatan Parungkuda serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kapolsek Parungkuda AKP Maryono berpesan agar semua lapisan masyarakat turut serta menjaga kondusifitas pada Pelaksanaan Pilkada eaok hari, "Kami Kepolisian berpesan agar setiap elemen masyarakat menjaga kondusifitas pada pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah Tanggal 27 Juni 2018" tegasnya

Senada disampaikan Danramil Parungkuda Kapten Inf. Uci Sanusi dalam sambutannya "Pemilihan Umum Kepala Daerah ini merupakan pesta rakyat, dan diharapkan semua lapisan masyarakat turut serta mengawasi dan menjaga ketentraman dan ketertiban sehingga Pemilu ini berjalan dengan aman dan nyaman" Pungkasnya

Pemilihan Kepala Daerah serentak yang akan dilaksanakan besok adalah bagian dari Demokrasi, " Diharapkan masyarakat yang sudah terdaftar sebagai hak pilih di DPT bisa datang ke TPS masing-masing dan menyalurkan aspirasinya dalam Pilkada ini, " tutur Camat Parungkuda Drs.H Aep Saefullah M.Si.

Kami mengharapkan keterlibatan aktif masyarakat untuk membulatkan tekad bersama Panwaslu Kecamatan Parungkuda untuk kita siap menyukseskan Pemilukada serentak 2018 yang akan berjalan sukses tanpa ekses. 

" Penindakan dalam panwas merupakan hal yang baik, tetapi tindakan pencegahan itu jauh lebih baik, kami tidak akan menghindari penindakan. Tapi di panwas itu tindakan prepentif lebih dulu dilakukan, mencegah lebih baik daripada pengobatan, kata istilah kesehatan, " pungkas Camat.

Reporter : Wandi
Editor : Jack