Adanya Saluran Air Bawah Tanah, Diduga Menjadi Penyebab Sering Amblasnya Jalur Puncak

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Adanya Saluran Air Bawah Tanah, Diduga Menjadi Penyebab Sering Amblasnya Jalur Puncak

Selasa, 03 Juli 2018


CIANJUR - ckupdate.com
Sejumlah jalan protokol di wilayah Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas,Kabupaten Cianjur sering mengalami pergerakan tanah. Ternyata diketahui dibawah jalan tersebut ada sejumlah jalur selokan air, sehingga tanah labil.

Hal tersebut di ungkapkan Kepala Desa Ciloto Tjutju Hidayat, saat ini jalur protokol di wilayah Desa Ciloto itu rawan terjadi pergerakan tanah, tak jarang jalan sering mengalami amblas. Kondisi itu juga dipengaruhi oleh kontur jalan yang labil.

"Jalan dari Jembatan Cikundul hingga Jalan Cagak Bumi Aki itu dibawahnya ada selokan. Jadi pantas saja jika jalur itu kerap amblas," tuturnya Selasa (3/7/2018).

Diakuinya Kades dulunya di jalur tersebut ada sebuah perkampungan, dan sempat direlokasi ke Kampung Angke Desa Sukanagalih. Namun karena tidak betah dilanjutkan pindah ke Kampung Babakan Puncak Desa Cimacan.

"Jalan disitu merupakan areal labil, dulu kampung di dekat jalan itu saja sudah direlokasi. Makanya para pengendara harus selalu waspada," jelasnya

Menurutnya pengendara yang hendak melintas jalur puncak pun harus waspada jika aliran air ke Sungai Cikundul mulai keruh. Karena bisa berpotensi jalan akan amblas.

"Terlebih jika seperti musim hujan seperti ini, pengendara dan warga harus lebih waspada. Lantaran longsoran jalan bisa terjadi sewktu -waktu," ungkapnya.

Saat curah hujan tinggi, pihaknya pun sudah menghimbau kepada masyarakat dan pengendara agar senantiasa waspada. "Imbauan itu kami tuangkan ke dalam dalam surat," tandasnya.

Reporter : Dedy
Editor : Jack