Desa Palasari Bendung Sungai Ciwalen Leutik Untuk Kebutuhan Air Masyarakat

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Desa Palasari Bendung Sungai Ciwalen Leutik Untuk Kebutuhan Air Masyarakat

Sabtu, 07 Juli 2018


CIANJUR - ceupdate.com
Desa Palasari Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Saat ini sudah menyelesaikan Bendungan/Embung Desa yang berlokasi di Kampung pengkolan dengan sumber dana yang berasal dari Dana Desa pusat tahun 2018.
Kepala Desa Palasari Jaya Wijaya BT mengatakan,saat ini terdapat tiga kampung yang langsung termanfaatkan dari bendungan sungai Ciwalen leutik tersebut,diantaranya untuk kebutuhan masyarakat seperti kebutuhan di rumah untuk mandi cuci kakus,mengairi sawah dan peternakan kolam ikan.

"Diataranya Kampung Padarincang punik,Kampung Padarincang Palem,dan Kampung Sukaharja," tuturnya kepda Cekupdate.com saat di komfirmasi di kantornya, Jum,at (6/7) kemarin.

Walaupun diperencanaan sebelumnya lanjut Kades, di lokasi kampung tersebut hanya akan di buatkan saluran air saja. Namun karena permintaan masyarakat ingin di buatkan bendungan untuk mengairi kebutuhan masyarakat karena sulit nya air saat kemarau tiba.

"Jadi mau tidak mau kita prioritaskan saja dulu kebutuhan masyarakat yang ini,paling ada perubahan untuk laporanya saja," paparnya.

Di samping itu menurut Jaya,program tersebut sejalan dengan keinginan Menteri Desa yang diatur dengan Permendes No 22 tahun 2016 tentang prioritas penggunaan Dana Desa antara lain Bendungan berskala kecil dan pembangunan embung dan/atau sistem pengairan serta irigasi Desa.

"Harapan saya mudah -mudahan bendungan yang saya gelontorkan sebesar 44 jt dengan ketinggian bangunan 2 metet dan panjang 18 meter ini bisa bermanfaat untuk masyarakat banyak," tukasnya.

Reporter : Dedy
Editor : Jack