Kolaborasi Pemdes Cireundang - Pendamping Lokal Desa (PLD), Dongkrak Penghasilan Warga Melalui Kerajinan Tanaman Hias

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Kolaborasi Pemdes Cireundang - Pendamping Lokal Desa (PLD), Dongkrak Penghasilan Warga Melalui Kerajinan Tanaman Hias

Minggu, 29 Juli 2018


SUKABUMI - cekupdate.com
Sedikitnya 50 orang warga Desa Cireundang dilatih membuat kerajinan tanaman hias dan hantaran/parcel oleh Pendamping Lokal Desa (PLD) Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi, bertempat di Aula Desa Cireundang Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi. Sabtu (28/07/18).

Dalam praktek, peserta diberi banyak pemahaman dan keterampilan untuk membuat kerajinan yang bersifat komersil, dengan modal kecil tetapi memiliki harga jual tinggi untuk menambah penghasilan. Menggunakan bahan baku dari akar pohon, kertas dan plastik, para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut dari mulai teori sampai dengan mempraktekannya.

Pendamping Lokal Desa (PLD), Aan Sobian (38) menjelaskan, kegiatan yang sedang dilaksanakan pada hari ini yaitu Pelatihan Membuat Kerajinan Tanaman Hias dan Hantaran/Parcel. Kita menggunakan bahan baku dari akar pohon yang banyak ditemui di lingkungan sekitar, agar masyarakat mampu terampil dan dapat berkarya secara mandiri, hasilnya nanti dipasarkan di tempat wisata, karena Desa Cireundang lokasinya tidak jauh dari Destinasi Wisata Pantai Pelabuhanratu, bisa juga melalui media sosial seperti Facebook, Whastapp atau Instagram, tentunya hasil penjualannya nanti akan meningkatkan pendapatan, " terangnya.


Menurut Rachmat, Sekdes Cireundang, menjelaskan, "Desa Cirendang Adalah Desa Pemekaran pada tahun 2013, dan memiliki status sebagai Desa Sangat Tertinggal, hingga saat ini Desa Cireundang belum terjangkau oleh signal telpon seluler (akses jaringan komunikasi) apalagi internet, hal ini menjadi salah satu kendala utama kami dalam pemasarannya nanti, pada umumnya sarana promosi sebuah produk di jaman sekarang dipasarkan secara online karena lebih praktis dan cepat terpublikasikan." Pungkasnya.

" Meskipun masyarakat Desa Cireundang mayoritas petani tetapi mereka begitu antusias pada saat ada kegiatan yang digelar oleh pemerintahan desa, saya yakin dengan adanya Inovasi Pemberdayaan Masyarakat oleh Pendamping Lokal Desa (PLD) Dari Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi yang memfasilitasi program - program desa kami, dalam waktu beberapa tahun kedepan Predikat Desa Sangat Tertinggal, akan kami tanggalkan," tegasnya.

Sementara itu menurut Kepala Desa Cireundang, Maryanto mengatakan, keterampilan tersebut diharapkan menjadi bekal untuk membuka usaha secara mandiri. Pemantauan akan dilakukan, sehingga peserta pelatihan bisa memanfaatkan keterampilannya secara maksimal. 

"Dari pelatihan ini diharapkan lahir banyak kader yang mampu mendorong usaha ekonomi kerakyatan dan pemberdayaan masyarakat desa bergerak lebih cepat, tujuan akhirnya sejalan dengan Undang Undang Desa, membangun desa maju dan mandiri," Pungkasnya.

Terlihat peserta pelatihan dari Pengurus dan Kader PKK, Pengurus PAUD, Perwakilan dari Setiap RT dan RW, serta di hadiri pula oleh Asep Jalis, Pendamping Desa Kecamatan Cikakak.