Peduli Lingkungan Desa Babakanjaya Gelar Pelatihan Pengolahan Sampah Rumah Tangga

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Peduli Lingkungan Desa Babakanjaya Gelar Pelatihan Pengolahan Sampah Rumah Tangga

Kamis, 12 Juli 2018


SUKABUMI - cekupdate.com
Desa Babakanjaya bekerjasama menggelar Kegiatan Pelatihan Pengolahan Sampah Bersekala Rumah Tangga. Acara tersebut berlangsung di Aula Gedung Olahraga Desa Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Selasa (12/07/2018).

Dalam sambutannya Kepala Desa Babakanjaya Tresna Sundari mengatakan bahwa, pelatihan pengelolaan sampah ini merupakan salah satu upaya agar masyarakat semakin mencintai lingkungan dan dapat mengolah sampah bersekala Rumah Tangga.

"Sampah itu akan diolah menjadi pupuk, dimana pupuk tersebut akan digunakan untuk penanaman pohon di setiap rumah warga," tuturnya.

Selanjutnya dirinya menegaskan kepada seluruh warga yang hadir, agar wajib menjaga kebersihan serta dapat mengolah sampah di lingkungan masing - masing. "Tentunya kami meminta kepada semua masyarakat yang hadir hari ini untuk dapat mengolah sampah dirumahnya masing - masing, agar lingkungannya bersih dan sehat," tegasnya.

Kemudian ia menambahkan bahwa, pihaknya ke depan akan menyediakan bank Sampah untuk meminimalisir sampah yang dibuang sembarangan.

"Mudah - mudahan dalam waktu dekat ini Program Bank Sampah dapat terlaksana, oleh karena kami menunggu masyarakat agar secepatnya mengajukan kebutuhan untuk penyediaan bank sampah," kata dia.

Senada disampaikan Camat Parungkuda Aep Saepuloh bahwa, pelatihan ini merupakan upaya mewujudkan program lingkungan yang bersih.

"Karena sampah itu bisa jadi emas dan juga bisa menjadi sumber bencana. untuk itu saya menghimbau agar masyarakat tetap menjaga lingkungannya agar tetap bersih," terangnya.

Sementara Narasumber dari Bank Sampah Karya Mandiri Cipanggulaan 07 Ato Nurwanto menjelaskan bahwa, kegiatan pelatihan pengolahan sampah rumah tangga ini merupakan bentuk kerjasama dalam membangun desa.

"Pengolahan sampah itu adalah upaya untuk mengelola timbunan sampah dengan tujuan untuk menghilangkan dan mengurangi bahaya sampah dan menjadikan sampah itu bermanfaat. dengan cara memisahkan sampah rumah tangga, mulai dari sampah basah dan sampah kering," jelasnya.

Dengan demikian, sampah tersebut bisa menjadi nilai ekonomis ketika dikelola dengan baik.

"Oleh sebab itu mari kita kelola sampah di lingkungan kita masing - masing mulai dari memisahkan sampah rumah tangga, agar lingkungan kita menjadi bersih dan terbebas dari bahaya sampah," pungkasnya.

Reporter : Fa'is/Jack