Tutut Pembawa Petaka, Kapolresta Sukabumi Bergerak Cepat

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Tutut Pembawa Petaka, Kapolresta Sukabumi Bergerak Cepat

Rabu, 25 Juli 2018


SUKABUMI - cekupdate.com
Kedua Orang sebagai penjual makanan Tutut dan pengolah masakan makanan Tutut diamankan pihak Polres Kota Sukabumi Jawa Barat, Rabu (26/07/2018).

Didepan Kantor Mapolres Kota Sukabumi, Kapolres Kota Sukabumi AKBP Susatyo Purnomo Condro S.H., S.I.K., M.Si didampingi Kasatreskrim AKP Budi Nuryanto S.Pd dan Kasubag Humas AKP Ana Ratna Dewi Polres Kota Sukabumi menyampaikan berdasarkan keterangan dari para saksi yang dikumpulkan tadi malam.

" Kami langsung bergerak cepat hari ini dan berhasil mengamankan dua orang (penjual dan pengolah) di daerah Cianjur, Kedua orang ini masih berstatus sebagai saksi untuk kami lakukan pemeriksaan lebih dalam terkait dengan proses cara mengolah bahan dan lain sebagainya," ungkap Kapolres Kota Sukabumi.

AKBP Susatyo menambahkan, "Informasi awal Bahwa DO ini sebagai penjual dan E seorang pengolah, mereka berdua membeli bahan sebanyak 65 Kg itu untuk dipasarkan di dua lokasi pemasaran yaitu di Sukabumi dan sekitar Bandung.

" Bahan yang 30 Kg itulah diolah cara sendiri kemudian dijual kepada masyarakat di daerah Desa Citamiang dan Desa Sukamanis Kecamatan Kadudampit, dan sisa nya di Wilayah Bandung, " tambahnya.

Kami masih terus berkoordinasi juga dengan pihak Polres Cianjur untuk mengamankan TKP pengolahan masakan tersebut. " Kami akan segera mendatangkan dari Tim/ Dinas kesehatan, untuk mengecek apakah persyaratan, kebersihan dan lain sebagainya. Apakah itu memenuhi sesuai dengan standar, " tuturnya.

Selain itu kamu pen masih mencoba mengkaji lagi untuk menerapkan menggunakan Pasal Pidana yaitu menyebabkan kelalaian yang menyebabkan orang menjadi luka berat atau menjadi orang meninggal dunia.

" Apabila semua unsur dalam penyelidikan sudah cukup nantinya kami arahkan ke undang- undang pangan terkait dengan pengolahan dari pada makanan tersebut," jelas Orang No Satu di wilayah Hukum Polres Kota Sukabumi.

Dari keterangan sementara ini, bahwa kedua saksi ini biasanya kalau belanja Keong/ Tutut itu di Karawang. tapi karena habis, kemudian belanjanya ke daerah Purwakarta. " Terkait Korban keracunan yang terjadi di daerah Bandung Barat, Polres Kota Sukabumi berkoordinasi dengan pihak Polres Cimahi Bandung Barat, " terangnya.

AKBP Susatyo Purnomo Condro S.H. S.I.K., M.Si., memaparkan, Koordinasi yang akan dilakukan pihaknya untuk bisa menyamakan atau Team Investigasi melakukan penyelidikan bersama terkait dengan makanan yang sama- sama diolah. " Karena dari pengakuan dua orang ini selain di Sukabumi di edarkan pula di wilayah Cimahi, yang satu diedarkan di Sukabumi dan menimbulkan korban khususnya di Sukabumi mengakibatkan korban meninggal dunia," paparnya.

Keduanya mengaku Baru berjualan selama Tiga bulan, karena biasanya berjualan Pepes ikan. Untuk meningkatkan Omset, berjualan makanan Tutut. " Kini Kedua orang ini kita amankan dan masih sebagai Saksi, kami lakukan penyelidikan peran- peran apa saja hingga mengakibatkan korban meninggal dunia. Perkembangan lebih lanjut akan kami sampaikan lagi," Pungkas Mantan Kapolres Madiun.

Reporter : Dasep.M
Editor : Jack