12 Orang Mahasiswa UMI sambangi Kantor Desa Di Cibadak

Iklan Semua Halaman

Header Menu

12 Orang Mahasiswa UMI sambangi Kantor Desa Di Cibadak

Jumat, 03 Agustus 2018
Sukabumi -  cekupdate.com
Mahasiswa dari Universitas Muhammadiah Sukabumi datangi Kantor Desa Tenjojaya Kecamatan Cibadak,  maksud kedatangan mereka ke Kantor Desa tersebut tiada lain hanyalah memenuhi kegiatan mata perkuliahan dalam melaksanakan Kegiatan KKM di Akhir Tahun ini, Jumat (03/08/18).

Kedatangan mereka disambut oleh Kepala Desa Tenjojaya dan jajarannya,  turut hadir pula Pelaksana Operasional Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Tri Pramono. Mahasiswa yang hadir dalam kgiatan ini sebanyak 12 orang yang tergabung dalam satu kelompok. Kegiatan ini merupakan kegiatan akhir Mahasiswa sebelum menyelesaikan Program Studi di Kampusnya,  pertemuan  ini menitik beratkan pada penggalian masalah yang ada korelasinya dengan BUMDesa.

Saat ditemui cekupdate.com Pelaksanan Operasional Bumdesa Tri Pramono mengatakan bahwa Badan Usaha Milik Desa di Desa Tenjojaya ini sudah selesai masa jabatannya dan harus segera diselesaikan Peraturan Desa tentang BUMDesa yang disesuaikan dengan Peraturan yang lebih tinggi.  "Sebetulnya masa jabatan Kami disini sudah habis,  namun sampai sekarang Pemerintah Desa dan BPD belum mengesahkan Peraturan Desa tentang BUMDesa sehingga belum terbentuk kepengurusan BUMDesa baru,  dan Kami saat ini melaksanakan kegiatan mengacu pada Peraturan Desa yang lama" Ujarnya.

Pemaparan tentang kegiatan BUMDesa disampaikan secara gamblang oleh Pelaksana Operasional BUMDesa baik dari segi pengalokasian anggaran sampai dengan keuntungan yang disisihkan untuk pemasukan Desa sebagai Pendapatan Asli Desa.  "Untuk saat ini kami menggunakan Anggaran dari Penyertaan Modal Desa yang diberikan oleh Pemerintah Desa,  kegiatan usaha pertanian yang saat ini digeluti oleh Kami mampu menghasilkan komoditas ubi jalar yang di sukai konsumen bahkan kami sudah melakukan kontrak dengan pihak perusahaan pengekspor ubi jalar sebagai pemasaran kehiatan pertanian ini" pungkasnya.

M. Ikbal selaku Ketua Kelompok KKM mengatakan bahwa mereka dalam rangka melaksanakan tugas perkuliahan kegiatan KKM tahun 2018, disini mereka menggali permasalahan yang berhubungan dengan BUMDesa dan ingin lebih mengetahui kegiatan BUMDesa di Desa Tenjojaya.

"Kami kesini untuk memenuhi tugas perkuliahan dalam kegiatan KKM Tahun 2018 sebagai tugas akhir Kami yang menjadi bahan kajian kelompok, dalam hal ini kami menyoroti Badan Usaha Milik Desa yang berada di Desa Tenjojaya" Tuturnya.

Reporter : Wandi/M. Afnan