Komunitas Wartawan Sukabumi (KOWASI), Sepakat Mengawal Pembangunan Di Sukabumi

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Komunitas Wartawan Sukabumi (KOWASI), Sepakat Mengawal Pembangunan Di Sukabumi

Minggu, 05 Agustus 2018


SUKABUMI - cekupdate.com
Komunitas Wartawan Sukabumi (Kowasi), menggelar Rapat Koordinasi Keanggotaan, yang dilaksanakan di Cireunde Desa Giri Jaya Kecamatan Nagrak, Sebanyak 38 wartawan yang tergabung di Kowasi dari berbagai Media Cetak dan Online. Jumat, (03/08/18)

Kowasi sebagai Organisasi Pers yang sudah mempunyai payung hukum tetap sesuai AD/ART, dengan Salinan Notaris Andari Wijayanti,SE.,SH, Nomor 01 yang dibuat pada tanggal 09 Juni 2011. Kowasi mendeklarasikan diri pada tanggal 29 Nopember 2010 di Cicurug Sukabumi.

Pada usianya yang Ke-8 Kowasi terus melakukan pembenahan. Ketua Kowasi Suyudi dari media Harian Jaya Pos dan Kabar Daerah Jabar online, mengatakan kepada cekupdate.com bahwa sebagai Organisasi Pers harus menjaga Kode Etik Jurnalis dan berpedoman pada Undang Undang No. 40 Tahun 1999.

" Fungsi Sosial Kontrol harus dikedepankan, namun Jangan sampai melanggar 11 poin Kode Etik Jurnalistik juga jangan keluar dari Pedoman UU Pers Nomor 40 Tahun 1999″, tandasnya.

Ditempat yang sama Dendis Haris, Wartawan Fakta Hukum dan Ham sebagai Sekertaris Kowasi menjelaskan bahwa Kowasi bukan Ormas atau LSM, tetapi Organisasi Wartawan yang memiliki mandat untuk mendukung serta memelihara dan menjaga kemerdekaan pers sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers.

" Kita bukan Organisasi Masyarakat (ORMAS) atapun LSM, namun kita Komunitas Wartawan yang berbaur dalam satu wadah, harus memiliki integritas dan kredibilitas. Pelaksanaan mandat dan amanat UU Pers bertujuan untuk mengembangkan kemerdekaan pers yang profesional, bebas, dan bertanggung jawab kepada publik." Pungkasnya.

Dalam Rakor tersebut menghasilkan Keputusan, antara Lain:
1. Segera Menggelar MUBES Tahunan di akhir bulan ini
2. Melaksanakan Puncak HUT dan Mubes yang ke-8
3. Melaksanakan Agenda Kerja dengan mengadakan Seminar Jurnalistik di akhir tahun ini

Pada akhir rakor dicapai satu kata sepakat, yaitu; mengawal pembangunan di Sukabumi, dengan membangun tekad bersatu yang lebih harmonis sebagai Sosial Kontrol.


Reporter : Diki