Melalui DD Tahap Dua Tahun 2018, Pemdes Lebak Sari Laksanakan Pelatihan Tanggap Darurat -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Melalui DD Tahap Dua Tahun 2018, Pemdes Lebak Sari Laksanakan Pelatihan Tanggap Darurat

Kamis, 04 Oktober 2018


SUKABUMI - cekupdate.com
Minimnya pengetahuan masyarakat terhadap aktivitas penanggulangan bencana menjadi keprihatinan yang paling utama. Ketidak siapan dalam menghadapi bencana, misalnya gempa bumi, seharusnya tidak terjadi jika masyarakat paham ke mana dan apa yang harus dilakukan serta terbiasa dengan aktivitas kesiapsiagaan bencana.

"Ya ini memang yang belum terlihat ada perubahan yang mengembirakan. Hari ini kita Pemerintah Desa Lebak Sari melaksanakan peningkatan Pemberdayaan masyarakat dalam pentingnya kesiap siagaan masyarakat penanggulangan bencana, " ungkap Kepada Desa Lebak Sari, Didin Saprudin kepada cekupdate.com di sela acara, Rabu (03/10/18).

Menurut Didin, kepanikan yang muncul terus menerus menunjukkan ketidaksiapan masyarakat dalam menghadapi bencana. Maka yang harus dilakukan adalah perlu adanya pelatihan Tanggap Darurat kepada masyarakat secara rutin sehingga masyarakat tidak mengalami kepanikan yang berlebihan.

"Diperluas dan dijadikan pembiasaan karena itu sebetulnya sesuatu yang secara sederhana dan rutin dilakukan, agar masyarakat lebih siap menghadapi bencana alam tanpa kepanikan," jelasnya.

Didin juga menjelaskan, masyarakat saat ini sebenarnya bisa mengakses informasi, data, poster, langkah-langkah yang harus dilakukan dengan mudah. Namun perkara itu sampai ke masyarakat dan membuat perubahan itu perkara lain.

Meski demikian tidak hanya pengetahuan dengan rambu bencana, seperti titik kumpul dan jalur evakuasi, namun masyarakat harus lebih paham kesiapsiagaan bencana di tempat tersebut dilakukan secara rutin atau tidak. Maka dari itu dari Dana Desa (DD) tahap 2 tahun 2018 ini kita laksanakan pelatihan tanggap Darurat dalam pentingnya penangulangan Bencana alam.

"Kalau hanya menempelkan ornamen saja itu tidak menunjukkan apapun, kita siap atau tidak dalam menghadapi bencana," katanya menegaskan.

Reporter : Jack