Pembangunan Infrastruktur Masih Menjadi Prioritas di Desa Kompa -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Pembangunan Infrastruktur Masih Menjadi Prioritas di Desa Kompa

Jumat, 14 Desember 2018


SUKABUMI - Cek Update
Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang digelar aula Desa Kompa Kecamatan Parungkuda Sukabumi, ternyata pembangunan infrastruktur  mendominasi usulan dari warga Desa untuk tahun anggaran 2019.

Menurut PJS Kepala Desa Kompa, Janten Firmansyah Rusmana, pengajuan infrastruktur jalan masih menjadi skala prioritas yang diajukan di dalam forum Musrenbangdes yang dihadiri oleh Muspika Parungkuda, BPD, LPMD dan semua unsur kelembagaan Desa.

"Hampir rata-rata yang diajukan atau diusulkan masih seputar kebutuhan infrastruktur jalan disetiap wilayah Desanya. Sehingga kebutuhan infrastruktur jalan tetap mendominasi usulan ajuan untuk masuk di Musrenbangdes, " ujarnya, Jum'at (14/12/18).

Ditambahkan Janten, kucuran dana dari DD dimanfaatkan untuk membangun fisik diantaranya membangun jalan lingkungan Desa, fasilitas umum dan pelatihan serat pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur desa yang bertugas melayani masyarakat. Pemanfaatana anggaran DD tersebut menurut Janten dilakukan secara terbuka dan diketahui oleh Badan Permusayawaratan Desa (BPD) sehingga tidak ada yang ditutupi.

"Semua oleh masyarakat desa dan anggarannya jelas serta peruntukkannya sangat jelas sehingga jika ada yang meleset masyarakat bisa melakukan evaluasi atau melaporkan jika tidak sesuai dengan yang diharapkan, " ungkapnya.

Pemerataan pembangunan tersebut ungkap Kades yang baru menjabat kurang dari satu bulan ini dilakukan demi kepentingan masyarakat. "Usulan yang datang dari masyarakat bawah juga dimunculkan dalam forum bersama Musrembangdes sehingga tidak ada pembangunan yang tidak tepat sasaran, " tutur Janten.

Dirinya pun menambahkan, saat ini pihaknya pun berencana akan membangun sarana olah raga dan dilengkapi pasar mingguan Desa yang mumpuni bagi masyarakat Desa seperti hal nya penataan lapang bola Kaliki.

"Kita rencananya akan membuat joging track dipinggir lapang, selfie area, fitnes out door dan pasar mingguan Desa. Nantinya tempat tersebut dinamai Kaliki Sport Center, tempat tersebut nantinya menjadi pusat kemaraian Desa yang dapat menopang dan meningkatkan perekonomian Masyarakat Desa, " pungkasnya.

Reporter : Fajar
Editor : Jack