Diduga Selewengkan Dana Desa, Dua Kades Ditahan Kejari Sukabumi -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Diduga Selewengkan Dana Desa, Dua Kades Ditahan Kejari Sukabumi

Kamis, 31 Januari 2019


SUKABUMI - Cek Update
Dua Kepala Desa (Kades) di wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi, ditahan oleh Jaksa Penyidik Kejaksaan Kabupaten Sukabumi, diduga selewengkan Dana Desa (DD), Kamis (31/1/2019).

Kedua tersangka merugikan anggaran negara ratusan juta tersebut yakni berinisial Y Kades Cibuntu, Kecamatan Simpenana dan EN Kades Pagelaran, Kecamatan Purabaya. Mereka (tersangka, red) diduga tersandung kasus tindak korupsi Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2016 dan 2017.

"Hari ini, kita telah menetapkan penahanan tingkat tuntutan bagi dua tersangka Kades dari mulai sekarang hingga 20 hari kedepan. Juga, melakukan penyerahan Barang Bukti (BB) dan proses pelimpahan berkas dari pihak kepolisian," ujar Tim Penyidik dan Penuntut Umum Kejari Cibadak, Rizal Jamaludin kepada wartawan, Kamis (31/1).

Ia mengungkapkan, adapun rincian uang negara yang dirugikan yaitu sekitar Rp. 551 juta oleh tersangka Y dari ADD dan DD tahun 2016 dan 2017 sesuai perhitungan Inspektorat Kabupaten Sukabumi. Sementara, tersangka EN sekitar Rp.636 juta dari ADD dan DD tahun 2017.

"Sementara ancaman bagi kedua tersangka tersebut sekitar 20 tahun penjara. Ini mengacu terhadap Pasal 2 junto 3 junto 18 kitab undang-Undang Pidana Korupsi," jelasnya. 

Kasus ini juga lanjut Rizal, berdasarkan dari laporan masyarakat dan ditindak lanjuti pihak Inspektorat Kabupaten Sukabumi untuk kasus EN. Sementara, kasus Y merupakan limpahan dari pihak Polres Sukabumi. 

"Untuk penahanan, kita titipkan di Lapas Warungkiara. Juga, telah dilakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi lainnya," tukasnya.

Reporter : S Ramdani (Chandra)
Editor : Jack