Bang Ara : Kegiatan BSF Di Kota Bogor Bukti Menyatukan Ditengah Keberagaman -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Bang Ara : Kegiatan BSF Di Kota Bogor Bukti Menyatukan Ditengah Keberagaman

Jumat, 22 Februari 2019


CIANJUR - Cek Update
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI komisi XI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Maruarar Sirait mendukung penuh kegiatan Bogor Street Festival (BSF) atau Cap Go Meh tahun 2019.

Sebagai bentuk acara yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan dalam keberagaman karena menurutnya dalam acara BSF tersebut, seluruh warga dari berbagai suku dan agama semua bersatu.

"Kegiatan tahunan ini bisa dicontoh untuk kota dan kabupaten lainnya, agar di mata dunia keberagaman tidak membuat negara kita terpecah, justru mempererat persatuan dan kesatuan bangsa," tutur Ara sapaan akrabnya baru-baru ini Jum'at (22/2/2019)

Ara memuji pidato Ketua Panitia, Walikota dan Gubernur Jabar, yang menurutnya sangat luar biasa karena di dalamnya disebutkan BSF sebagai bentuk acara yang berpedoman pada Pancasila dengan kebinekaan yang kental, sehingga perbedaan menumbuhkan persatuan yang kuat.

Terbukti dengan hadirnya ratusan ribu warga di lokasi acara dengan pengamanan yang tidak ketat, namun mereka yang hadir saling menghormati dan mendukung terlaksananya acara tahun baru warga Tiong Hoa, meskipun berbeda keyakinan dan ras.

"Ini jelas,bentuk pengamalan Pancasila dan pengertian Bhineka Tunggal Ika yang sudah tertanam di hati warga di seluruh Indonesia, meskipun masih banyak yang tidak setuju dengan keragaman yang ada di negeri ini, namun tidak menjadi permasalahan," paparnya

Ara pun merasa bangga dengan dukungan berbagai pihak dalam acara tersebut, termasuk dukungan dari pemerintah daerah mulai dari Walikota Bogor, Bima Ariya dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan pejabat tinggi di kementerian yang turut hadir dalam acara tersebut.

"Gubernur Jabar menjadikan kota Bogor sebagai contoh keberagaman di negeri ini yang aman, nyaman dan tertib dimana warganya saling mendukung sehingga ini menjadi pesan untuk dunia bahwa Indonesia aman dan damai dalam keberagamannya," tambahnya

Ara berharap keberagamaan tetap mempersatukan warga dari berbagai suku, budaya dan agama dalam satu acara itu, menjadi contoh bagi seluruh rakyat Indonesia karena keberagamanan tidak membuat perpecahan justru menambah kuat persatuan dan persaudaraan.   

Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, BSF merupakan cerminan keberagamaan di tanah dan sebagai wujud Pancasila, dimana dalam acara tersebut mempertunjukan kebersamaan sebagai karakter warga Jabar dan Indonesia pada umumnya.

"Inilah Pancasila yang sebenarnya dapat terlihat dalam acara BSF meskipun berbeda-beda tapi tetap satu jua. Semua warga dari berbagai lapisan, berbeda agama, suku dan budaya, berkumpul saling mendukung untuk memberikan dukungan atas keberagaman di Indonesia," tukasnya.

Reporter : Dedy