Diduga Deklarasi Jokowi, Bawaslu Kabupaten Telusuri Video Kades Dua Kecamatan di Sukabumi -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Diduga Deklarasi Jokowi, Bawaslu Kabupaten Telusuri Video Kades Dua Kecamatan di Sukabumi

Jumat, 15 Maret 2019


SUKABUMI - Cek Update
Beredar video beberapa Kepala Desa (Kades) di Dua Kecamatan yaitu Kecamatan Warungkiara dan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, mendeklarasikan dukung Calon Presiden nomor urut 1 Jokowi-Ma'ruf amin.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Teguh Hariyanto menuturkan, video yang beredar tersebut itu sedang ditangani oleh Panwascam setempat. Pihaknya pun, masih menunggu laporan dari Panwascam. 

"Kasus tersebut, masih dalam proses penyidikan oleh wascam. Saya pun, masih menunggu. kalau sudah lengkap di Kecamatan selanjutnya dilimpahkan ke Bawaslu," tutur Teguh.

Video tersebut diunggah akun Facebook Irvhan Vhirgiawan. Dalam unggahannya ia menulis 'Ini Bukan Soal Perbedaan pilihan karna di atas itu ada yang lebih penting yaitu tentang keberpihakan kita terhadap Keadilan'.

Alat Demokrasi Harus bisa Menghadirkan Keadalian untuk semua Pihak. Jika mereka punya itikad untuk menjadikan pesta demokrasi ini sebagai pesta yang tidak gaduh maka sudah semestinya ada tindakan yang memberikan rasa adil untuk semua pihak ' postingan tersebut dibubuhi tagar '#PanwascamWarungkiara
#Panwascambantargadung '.

Video berdurasi 30 detik tersebut, kini sedang diselidiki kebenarannya oleh Panwascam Kecamatan Warungkiara dan Bantargadug. "Untuk saat ini, masih pengkajian. Karena banyak hal yang harus kami kumpulkan," ungkap Febri salah satu anggota Panwascam Warungkiara, Rabu (13/3).

Menurutnya, melanggar UU Desa No 6 pasal 29 tahun 2014 atau tidak. Pihaknya, akan mengkaji atau mengumpulkan barangbukti serta meminta keterangan dari yang bersangkutan. 

"Untuk itu mungkin lebih bijaknya kita melihatnya secara utuh, setelah proses pengkajian dan tahapan" yang lainnya terpenuhi," tukasnya.

Reporter : S Ramdani (Chandra)