Masa Tenang Kampanye, Caleg CSZ Nekat Adakan Kegiatan Mancing Gratis Untuk Warga Sukaresmi -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Masa Tenang Kampanye, Caleg CSZ Nekat Adakan Kegiatan Mancing Gratis Untuk Warga Sukaresmi

Senin, 15 April 2019


CIANJUR- Cek Update
Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Sukaresmi mengaku telah menemukan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu calon legislatif (Caleg) di masa tenang kampanye.

Dugaan temuan pelanggaran tersebut, yakni adanya salah satu caleg dapil 2 dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berinisial CSZ melalui tim suksesnya mengajak warga untuk ikut memancing gratis.

Padahal jelas berdasarkan peraturan pemilu mulai tanggal 13 April 2019 tahapan pemilu masuk pada masa tenang kampanye.

Divisi Koordinator Penindakan Panwascam Sukaresmi, Endang Jaelani membenarkan, jika pihak telah mendapatkan informasi dari beberapa warga tentang adanya kegiatan memancing gratis yang diduga biayai langsung oleh caleg tersebut.

"Kegiatan memancing gratis berada di kampung babakan girang Rt 01 Rw 02 Desa Pakuon," tuturnya kepada Cek Update saat di konfirmasi Senin (15/4/2019).

Endang mengatakan,saat berada dilokasi pemancingan sekitar pukul 08 : 30 Wib.Pihaknya sempat mengingatkan kepada tim suksesnya agar kegiatan tersebut di hentikan.

"Namun sayang peringatan dari saya sama sekali tidak di gubris oleh mereka dan mereka tetap melanjutkan kegiatan mancing gratisnya bersama warga," bebernya.


Endang menambahkan,atas kejadian tersebut pihaknya saat ini tengah melakukan pendataan Laporan Hasil Pengawasan (LHP) yang mana lanjut Endang.LHP tersebut nantinya akan segera di kirim langsung ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Cianjur untuk segera ditindaklanjuti.

"Kalau pelanggaran kampanye ini terbukti,berdasarkan pasal 492 jo Pasal 276 ayat (2) UU Pemilu, bahwa melakukan kampanye di masa tenang, berarti telah melanggar larangan kampanye di luar jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU (Pusat, Provinsi, Kota/Kabupaten) dan dapat dipidana, dengan pidana maksimal kurungan 1 tahun atau denda maksimal Rp 12 juta," terangnya

MN (65) salah seorang warga yang ikut mancing gratis mengaku, ajakan memancing gratis tersebut ia dapatkan dari caleg CSZ sehari sebelum masa tenang kampanye.

"Ngajaknya waktu kemarin kampanye pak CSZ keliling kesini, katanya besok disini mau diadakan kegiatan mancing gratis ikan yang di sediakan seberat 50 Kg," ungkapnya

Sementara itu, saat di konfirmasi melalui sambungan Whatsup pihak CSZ belum bisa memberikan tangapan terkait dengan tudingan itu.Dengan alasan pihaknya sedang melakukan kegiatan rapat di dinas." Abdi kaleresan nuju aya kegiatan rapat di Dinas ( Kebetulan saya sedang rapat di Dinas)," tutupnya. 

Reporter : Dedy