Panwascam Pacet Dan Cipanas Hari Ini Tengah Melakukan Bimtek Saksi -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Panwascam Pacet Dan Cipanas Hari Ini Tengah Melakukan Bimtek Saksi

Kamis, 11 April 2019


CIANJUR-Cek Update
Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pacet dan Cipanas melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) kepada para saksi peserta pemilu serta perwakilan dari enam partai politik (parpol).

Ketua Panwaslu Kecamatan Pacet, Yudi Darmawan mengatakan, menurutnya bimbingan teknis (bimtek)itu merupakan amanah Pasal 351 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Bintek ini kami gelar secara bersamaan selama empat hari agar saksi memiliki pandangan sama dengan pengawas pemilu," tuturnya

Yudi mengatakan,dalam bimtek ini para saksi harus memahami dan memiliki pandangan sama tentang mekanisme pungut hitung, hak dan kewajiban saksi."serta larangan bagi saksi dalam menjalankan tugas saat pelaksanaan pesta demkorasi pada 17 April 2019,"paparnya kemarin Rabu (10/4/2019).

Bimtek ini secara perwakilan dari Bawaslu Kabupaten hingga ke jajaran Panwaslu Kecamatan sangat penting dilakukan, guna memastikan materi yang disampaikan mengikuti prosedur dan pedoman materi sesuai dengan peraturan.

"Kami juga mempersiapkan Panwascam yang sangat siap. Untuk itu kami bekali sistem yang mudah dipahami dan efektif bagi para saksi," imbuhnya.

Dalam bimtek tersebut, Panwaslu juga menyerahkan buku saku saksi ke tiap parpol. Buku panduan tersebut, untuk mengingatkan dan sebagai pedoman bagi para saksi ketika nanti sedang bertugas di TPS masing-masing.

"Untuk Kecamatan Pacet total ada 270 saksi terdiri dari Partai Gerindra,Golkar dan Capres 01 02, sama-sama 270 saksi, PKB 76, PAN 151, dan PBB 67 saksi," Imbuhnya

Terpisah,sementara ketua Panwascam Cipanas Muhammad Azis mengatakan,untuk wilayah Kecamatan Cipanas sendiri saat ini total ada 3197 saksi yang terdiri dari pasangan calon (Paslon) nomor urut 01 dan 02 tengah mengikuti pelatihan saksi peserta pemilu.

"Total semua saksi sebanyak 1612 orang dari enam partai politik dan dua pasangan calon masing-masing. Untuk di parpol sendiri yakni Gerindra, Golkar, PKB, Demokrat, PAN, dan PBB," ungkapnya

Azis menambahkan,dari enam partai politik tersebut peserta Pemilu yang paling banyak mengirim saksinya adalah Paslon nomor urut 01 dan 02. Kemudian Gerindra dengan 294 orang, PBB 101 orang, PKB 63 orang, Golkar 391 orang, serta Demokrat 40 orang.

"Jadi kami berharap ketikan selesai bimtek ini seluruh saksi mengetahui serta memahami tugas dan wewenang di hari pencoblosan nanti," pungkasnya. 


Reporter : Dedy