Pemkab Cianjur Bantu Renovasi Rumah Sang Maestro Mamaos Cianjur -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Pemkab Cianjur Bantu Renovasi Rumah Sang Maestro Mamaos Cianjur

Sabtu, 21 September 2019
CIANJUR - CekUpdate
Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman menyambangi kediaman Maestro Mamaos Cianjur, Dadan Sukandar yang berada di Kampung Sayang Semper Rt 04 Rw 08, Kelurahan Sayang.Kecamatan Cianjur,Cianjur.Jawa Barat.

Kunjungan orang nomor satu di Kabupaten Cianjur itu,yakni ingin meninjau langsung kondisi rumah pria yang sering di sapa aki dadan tersebut

"Saya mendapatkan informasi dari media cetak, online dan media sosial terkait kondisi rumah aki dadan yang rusak dan kurang layak. Makanya langsung saya perintahkan OPD terkait untuk membantu perbaikan rumah Aki Dadan," tuturnya saat di konfirmasi Jum,at (20/9/2019).

Herman mengatakan, bantuan renovasi rumah tersebut nantinya akan disalurkan melalui Dinas Perkimtan. 

Akan tetapi dalam proses renovasinya,bentuk bangunan akan tetap dipertahankan untuk menjaga keasliannya.Meski akan ada beberapa bagian bangunan yang akan diperbarui. 

"Nanti dinas dibantu dengan warga sekitar akan memperbaiki rumahnya, kemungkinan dalam waktu dekat sudah selesai dan akan ditempati kembali," kata Herman.

Herman menjelaskan,tidak hanya bantuan renovasi rumahnya saja, kedepan Pemkab Cianjur akan memberdayakan pelaku seni yang sudah membesarkan Mamaos Cianjuran tersebut.

"Aki Dadan rencananya secara rutin akan mengajar Mamaos di Bale Pancaniti Pendopo Cianjur,"tambahnya

Dengan harapan Aki Dadan bisa memiliki penghasilan yang tetap dan Mamaos Cianjuran pun bisa terus dilestarikan oleh banyak pihak.

Mulai dari perangkat dan pejabat pemerintahan dan warga Cianjur secara umum yang akan mempelajarinya.

"Sekarang Bale Pancanitinya sedang direnovasi, setelah itu setiap Rabu malam akan ada pelatihan dan pentas Mamaos Cianjuran di Pendopo, sehingga tiga pilar budaya terutama Mamaos bisa tetap dilestarikan. Tidak hanya untuk pejabat daerah, masyarakat Cianjur secara umum juga bisa turut belajar," paparnya

Sementara itu,Aki Dadan,mengaku merasa senang dengan adanya perhatian dari pemerintah kabupaten untuk memperbaiki rumahnya yang kondisinya sudah memperihatikan.

"Terimakasih untuk semua pihak terutama pemerintah Cianjur. Apalagi selain dari diperbaikinya rumah ini, ada bentuk perhatian juga untuk melestarikan Mamaos Cianjuran," singkatnya.


Reporter : Dedy