Tingkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Dengan Pelatihan Kelompok Tani -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Tingkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Dengan Pelatihan Kelompok Tani

Rabu, 18 September 2019
SUKABUMI,  Cek Update
Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan kelompok tani merupakan salah satu upaya penting untuk meningkatkan kesejahteraan Ekonomi masyarakat.

Salah satunya hal ini dilakukan oleh PT. Aqua Golden Mississippi (AGM)  Mekarsari melaksanakan kegiatan Pembinaan dan penguatan kapasitas kelompok tani di Taman Keaneka Ragaman Hayati (Kehati) PT. AGM Mekarsari.

Rangkaian kegiatan ini berupa Budi daya tanaman Hoya, Budi daya tanaman Bunga Potong, Budi daya Tanaman kopi dan pengembangannya serta inovasi handicraft berbahan dasar bambu.

Kegiatan ini dilaksanakan di Taman Kehati AGM Mekarsari dengan peserta anggota kelompok tani anggota CSR AGM Mekarsari mitra pendamping Yayasan Konservasi Alam dan Lingkungan (YKAL), Aktifis Lingkungan, Dinas Pertanian UPTD Kecamatan Cidahu dan perwakilan pemerintahan Desa Babakan Pari.

Menurut  Usep selaku Direktur YKAL mengatakan Upaya pelestarian keaneka ragaman hayati di taman kehati AGM Mekarsari memiliki nilai dan fungsi untuk peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

"Perlu adanya sinergitas dari para pihak diantaranya unsur masyarakat, pemerintah, LSM dan Perusahaan," terangnya.

Dalam acara yang sama menurut Cacas Suwarna Selaku SR-CSR Manager AGM Mekarsari mengungkapkan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa membantu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar khususnya para petani yang menggarap lahan di tanah PT. AGM Mekarsari.

" Kami akan mendata ulang para penggarap lahan dan berharap agar tidak diperjual belikan lahan garapannya kepada orang lain, " ungkap Cacas. 

Melalui pelatihan ini Cacas berharap bisa bersinergitas dengan program pemerintah Kabupaten Sukabumi dibidang budi daya bunga potong. "Tentunya kedepan kita akan bekerjasama dengan Pemerintah dalam melakukan inovasi-inovasi dalam menopang perekonomian masyarakat, " tambahnya. 

Sementara itu menurut Ashari selaku kepala UPTD Dinas pertanian Kecamatan Cidahu menuturkan pihaknya mengapresiasi kegiatan ini dengan harapan kelompok tani kehati AGM Mekarsari dapat berkolaborasi dalam pengembangan budidaya pertanian  terutama budi daya bunga potong.

"Wilayah Cidahu merupakan salah satu Centra penghasil bunga potong yang sebagai bahan baku untuk pengrajin Bunga hias di wilayah Jabodetabek, " tukas Ashari.

Hasil pantauan dilokasi kegiatan ini melibatkan 25 anggota dari kelompok tani dari Kp. Babakan Pari, Kp. Caringin, dan Kp. Papisangan LIO. Semoga konservasi yang dilakukan oleh PT. AGM Mekarsari dapat bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan sekitar.

Reporter : Jack