Rentenir Tewas Ditangan Nasabah, Polres Cianjur Amankan 7 Tersangka

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Rentenir Tewas Ditangan Nasabah, Polres Cianjur Amankan 7 Tersangka

Selasa, 15 Oktober 2019
CIANJUR, Cek Update
Identitas pria yang ditemukan tewas sudah membusuk di sebuah tebing tepatnya di kampung Sukarajin Rt 001/008 Desa Sukamekar Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (26/9/2019).

Akhirnya terungkap korban di ketahui bernama Jaenal Opusunggu Aritonang (42) warga Blok Batujajar Rt 02 Rw 08 Desa Batujajar Barat, Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat.

Mayat pria asal Medan yang sering disapa Ucok tersebut, merupakan peminjam sekaligus penagih di Koperasi Simpan Pinjam yang beroperasi di daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kemudian, berdasarkan hasil pengembangan dari anggota Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur, sedikitnya ada tujuh tersangka yang berhasil diamankan.

Berikut dengan barang bukti satu unit mobil Honda Brio warna abu dengan nomor polisi D 1673 UAL, satu unit motor Honda Scoopy warna putih nopol D 4204 UDT,satu unit Honda Supra nopol D 5183 ZDJ, satu uni Handphone merk Samsung A10 berserta uang swjumlah Rp 1,360.000.

Ketujuh tersangka tersebut yaitu, Asep Nugraha Arifin alias Ahek (50) dan Cecep Kardana alias Maung (42) sebagai eksekutor, sementara kelima tersangka lainnya yakni SP (37), DN(41), AT (43), YP (54) dan WN (43) berperan sebagai penadah barang barang milik korban seperti motor dan sebuah handphone (Hp).

Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto mengatakan, berdasarkan hasil keterangan dari pelaku, pembunuhan terhadap korban didasari rasa sakit hati karena korban sering menagih hutang dan mengancam apabila hutang tidak segera dibayarkan pelaku akan di beritahukan oleh korban kepada istrinya.

"Bahkan sebelum di eksekusi pakai kayu balok dan di tendang, korban sempat mencari seorang dukun santet untuk membunuh korban dengan cara diguna-guna," tuturnya melalui konferensi pers di halaman Mako Polres Cuanjur, kemarin senin (14/10/2019).

Kapolres menjelaskan, setelah korban di eksekusi di kediaman Ahek yang berada dikomplek Bumi Asri B183 Rt. 02/05 Kelurahan Gempolsari Kecamatan Bandung Kulon Kota Cimahi.

"Para pelaku sempat kebingungan, namun setelah mendapatkan sebuah mobil berjenis Honda Brio. Jasad korban kemudian di bawa dan dibuang di sebuah tebing yang berada di ke Kecamatan Sukanagara," paparnya.

Kapolres menambahkan,pasal yang nantinya akan disangkakan terhadap para pelaku adalah pasal pembunuhan berencana yaitu Pasal 340 KUHP subsider 339 KUHP Subsider 338 KUHP atau Subsider 365 ayat 3 KUHP.

"Ancaman hukumannya adalah hukuman mati atau hukuman seumur hidup," pungkasnya.

Ahek sendiri diketahui memiliki hutang kepada korban Jaenal Opusunggu Aritongang sebesar 40 juta, karena pelaku tidak kunjung menyelesaikan hutangnya kepada korban, sehingga suku bunga yang diberikan korban kepada pelaku pun terus bertambah hingga mencapai 150 juta.


Reporter : Dedy