Program PAMSIMAS Desa Lebaksari Diduga Tak Sesuai Spek
Cari Berita

Program PAMSIMAS Desa Lebaksari Diduga Tak Sesuai Spek

Senin, 04 November 2019

SUKABUMI - Cek Update 
Proyek Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang terletak di Desa Lebaksari, Kecamatan Parakansalak, Sukabumi, diduga menuai masalah. Hal itu terlihat dari belum selesainya pembangunan proyek yang dikelola secara swadaya tersebut.

Proyek yang dilaksanakan pada pertengahan tahun 2019 itu kondisinya masih berantakan. Misal jalur pipa yang masih berantakan serta dugaan kuat memakai bahan material yang tak sesuai spek.

Hasil pantauan dilokasi pembangunan  tempat penampungan air dibangun menggunakan pasir lokal yang diduga tidak kuat menahan debit air, belum lagi pasokan air yang nantinya ke rumah warga masih banyak kendala serta tidak adanya papan informasi proyek PAMSIMAS tersebut. 

Hasil pantauan dilokasi, ada indikasi kuat bahwa pembayaran terhadap toko penyuplai barang material masih menyiksa tunggakan serta tidak terpasangnya papan informasi anggaran tersebut. 

Sementara itu saat tim mengkonfirmasi kebenaran adanya tunggakan terhadap toko pihak Tim Pelaksanaan Kegiatan tidak dapat memberikan jawaban. "Saat itu kami (tim media, -red) mengkonfirmasi kebenaran tunggakan kepada TPK Pamsimas Desa Lebaksari, Ridwan Jakaria tidak dapat menjawab, " 

Hal berbeda diungkapkan Ketua Pamsimas Desa,  Drs. Idang Saepul Misdar menuturkan bahwa tunggakan terhadap toko tersebut benar adanya dan hal itu adalah tanggung jawab salah satu tim TPK nya. " Benar masih ada tunggakan namun hal tersebut menjadi tanggung jawab salah satu tim TPK, " ungkapnya. 

Sampai saat ini pemasangannya belum sampai ke rumah warga yang direncanakan, "Kita masih lakukan beberapa pembenahan terhadap program tersebut, " pungkasnya.

Sumber : Tim Cek Update