Menangkal Radikalisme Dan Disintegrasi, Begini Pesan Karo Sunluhkum Polri Untuk Generasi Muda

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Menangkal Radikalisme Dan Disintegrasi, Begini Pesan Karo Sunluhkum Polri Untuk Generasi Muda

Selasa, 12 November 2019
JAKARTA - Cek Update
Menguatnya sistem radikalisme beberapa waktu terakhir, mengancam kebhinekaan dan menimbulkan potensi perpecahan atau disintegrasi di tengah masyarakat terutama anak muda. Ancaman disintegrasi tersebut menyasar pada generasi muda.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Penyusunan dan Penyuluhan Hukum (Karo Sunluhkum) Divisi Hukum Polri, Brigjen Pol. Dr. Agung Makbul Drs., S.H., M.H. saat menjadi narasumber dalam kegiatan kuliah umum di Aula Auditorium Gedung Pasca Hukum Universtitas Islam Nusantara (UNINUS), senin (11/11/19).

Lebih jauh, saat dikonfirmasi oleh Cek Update, dia menjelaskan bahwa kekuatan radikalisme dapat terus berkembang layaknya bola salju.

"Dengan menguatnya radikalisme akhir akhir ini berpotensi menjadi bola salju dan mengakar pada dimensi sosial masyarakat," ucapnya kepada Cek Update saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Selasa (12/11/2019) siang.

Mantan Kapolres Jaya Wijaya Polda Papua ini menerangkan perlunya kesadaran dan sinergitas antara aparat penegak hukum dan civitas akademik untuk menangkal radikalisme dan disintegrasi.

"Perlu sinergitas yang kuat antara Polri dan masyarakat khususnya para kaum intelektual guna menangkal paham radikalisme. Polri sendiri memiliki kebijakan, metode dalam pencegahan radikalisme," ungkapnya.

Dia juga menyampaikan harapan kepada generasi muda dalam upaya pencegahan radikalisme.
"Tetap menjaga nilai-nilai karakter, jati diri bangsa serta memiliki sense of crisis atau kepakaan terhadap kondisi dan situasi yang genting," tegasnya penuh harap.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh UNINUS tersebut mengangkat tema "Pencegahan dan Penegakan Hukum Terhadap Radikalisme dan Ancaman Lain yang Berpotensi Merusak Kebhinekaan Bangsa".

Selain menghadirkan Brigjen Pol. Dr. Agung Makbul Drs., S.H., M.H. sebagai narasumber, acara itu juga dihadiri oleh Wakil Dekan I FKUM Ahmad M. Ridwan, S.Si., S.H., M.H., Ketua Prodi FKUM UNINUS Dr. Yuyut Prayuti S.H, M.H., Jajaran Dekanat, Jajaran Dosen Hukum serta Alumni dan para Mahasiswa.

Redaksi Cek Update
Editor : Yudi Prangga