Menjelang Pilkada, Bawaslu Cianjur Cetak 90 Kader Pengawasan Partisipatif

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Menjelang Pilkada, Bawaslu Cianjur Cetak 90 Kader Pengawasan Partisipatif

Senin, 18 November 2019
CIANJUR - CekUpdate
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Cianjur menggelar sekolah kader pengawasan partisipatif bersama puluhan peserta, mulai dari mahasiswa, unsur kepemudaan dan masyarakat umum, di salah satu wisma yang ada di Desa Ciloto.

Ketua Bawaslu Cianjur, Usep Agus Jawari mengatakan, dalam rangka meningkatan kapasitas menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) mendatang, pihaknya terus berupaya memantapkan pengawasan dengan melibatkan sejumlah unsur masyarakat.

Salah satu upaya tersebut, adalah dengan melaksanakan sekolah kader pengawasan partisipatif.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang didesain jangka panjang bagaimana pada outputnya bisa muncul inovasi masyarakat terkait dalam pengawasan partisipatif ini," terangnya disela-sela acara.Sabtu kemarin (16/11/2019).

Usep menjelaskan,peserta yang mengikuti kegiatan sebelumnya telah mengikuti proses seleksi secara terbuka.Mulai dari pendaftaran administratif, dilanjut dengan tahapan wawancara, hingga akhirnya diambil 90 orang untuk melakukan sekolah kader tersebut.

"Salah satu keberhasilan dari sekolah ini, para peserta bisa menjadi lebih berkreasi dan berinovasi untuk meningkatkan demokrasi yang lebih baik," paparnya.

Usep berharap, pasca dilakukan sekolah kader nantinya para peserta bisa memunculkan inovasi dan kreativitas.Jadi yang sudah melakukan kegiatan ini didorong bagaimana bisa memiliki inovasi kreasi kaitan dengan pengawasan pemilu.

"Upaya kita selama ini, minimal bisa ditransformasikan bagi diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat luas," katanya.

Bukan hanya bagi dirinya saja yang diharapkan muncul bagi partisipasi pengawasan itu, tetapi diharapkan bisa melakukan transformasi kepada sejumlah pihak.

"Kami Bawaslu akan mengapresiasi apa yang sahabat-sahabat semua berinovasi dan berkreasi. Sehingga pesta demokrasi selanjutnya bisa lebih baik, dan terus baik," pungkasnya.


Reporter : Dedy