Tertangkap, 85 WNA Pelaku Telecome Fraud Dengan Modus Ngaku Polisi, Kejaksaan Hingga Banker

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Tertangkap, 85 WNA Pelaku Telecome Fraud Dengan Modus Ngaku Polisi, Kejaksaan Hingga Banker

Selasa, 26 November 2019
JAKARTA - Cek Update
Setelah berhasil mengamankan 91 orang pelaku 'Telecome Fraud', Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya menggelar konferensi pers terkait kasus tersebut di Mako Polda Metro Jaya, Jakarta, selasa (26/11/2019).

Polisi menyebutkan pelaku yang terdiri dari 85 orang warga Negara Cina dan 6 orang warga Negara Indonesia itu tidak hanya beroperasi di Indonesia melainkan di beberapa Negara Asia.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Dr. Gatot Eddy Pramono M.Si mengungkapkan bahwa sebelumnya pihak Polda Metro Jaya mendapat laporan dari Kepolisian Tiongkok tentang adanya korban penipuan sejumlah uang yang diduga dilakukan para pelaku. Pihak kepolisian kemudian melakukan penelusuran terkait jaringan penipuan di rumah mewah di 6 lokasi di Jakarta dan Tangerang. Hasil pengembangan kasus tersebut polisipun berhasil mengamankan pelaku.

"Para pelaku menjalankan aksinya di Negara Asia, seperti Kamboja, Malaysia, Indonesia dan Singapura," ungkap Irjen Pol. Gatot kepada wartawan.

Dia mengatakan pelaku melakukan penipuan kepada korbannya dengan modus berpura-pura sebagai anggota kepolisian, kejaksaan dan pegawai bank.

"Jadi para pelaku itu mengaku berprofesi sebagai polisi, kejaksaan dan banker menawarkan penyelesaian masalah yang dihadapi korban dengan cara meminta korban mengirimkan uang, setelah mendapat uang dari korban, pelakupun menghilang," paparnya.

Reporter : Dasep
Editor : Yudi Prangga