Diduga Proyek Drainase Desa Cisaat Gunakan Dana Siluman

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Diduga Proyek Drainase Desa Cisaat Gunakan Dana Siluman

Sabtu, 07 Desember 2019

SUKABUMI - Cek Update
Diduga proyek pengerjaan galian Drainase yang berlokasi kampung Sawah Randu, RW 06, Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi diduga gunakan Dana Siluman (Sumber anggaran tidak jelas).

Ketidak jelasan anggaran tersebut akhirnya menuai protes dari warga sekitar, pasalnya selain tidak adanya plang anggaran, proyek tersebut juga menutup total akses jalan penghubung antar kampung.

"Seharusnya Papan proyeknya di pasang agar kami juga tidak menduga - duga anggaranya itu darimana dan jumlahnya berapa. Selain itu juga seandainya ini proyek pemerintah, tetapi tidak harus menutup akses jalan warga seperti ini," Ketus salah satu warga srkitar yang enggan disebutkan namanya saat ditemui Awak Media. Jum'at (06/12/2019).

Selanjutnya kata dia, terkait proyek itu justru ironisnya warga mengetahui dari orang lain. Bahwa menurut informasi Galian Drainase itu program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), tetapi meski demikian kata dia, warga tidak mengetahui berapa anggaran yang digelontorkan pemerintah untuk pengerjaan proyek tersebut.

"Entah dari Pemda atau darimana Kami tidak tau, biasanya pekerjaan seperti itu harus ada papan nama, spesifikasi gambar, dan biaya anggarannya. Sesuai dengan Kepres No. 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pe­merintah," tegasnya dengan nada kesal.

Selain itu juga kata dia, seharusnya pihak pelaksana ikut menjalankan peraturan Undang Undang No.14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

"Seharusnya pekerjaannya dilaksanakan dengan baik dan aturannya juga ditempuh sesuai undang - undang," pungkasnya.

Sampai berita ini diturunkan belum ada tanggapan dari pihak pelaksana proyek pembangunan drainase tersebut.

Kontributor : NGH
Editor.         : Redaksi.