Dua Jam Diguyur Hujan,Jalan Raya Cipanas Digenangi Air

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Dua Jam Diguyur Hujan,Jalan Raya Cipanas Digenangi Air

Rabu, 18 Desember 2019
CIANJUR-Cek Update
Hujan deras yang terjadi selama dua jam mengakibatkan banjir di sepanjang ruas Jalan Raya Cipanas, Desa Cipanas Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Jawa Barat. Rabu (18/12/2019).

Selain menggenangi ruas jalan, banjir juga menggenangi beberapa toko dan sebuah tempat rumah makan yang berada di sekitar lokasi. Berdasarkan pantauan dilapangan, banjir yang terjadi kali ini diakibatkan oleh hujan deras selama dua jam ditambah lagi selokan yang sempit dipenuhi dengan sampah membuat aliran sungai tidak mampu menahan debit air sehingga meluap ke jalan raya.

Deden Permana anggota dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) bagian kemitraan dan perencanaan mengatakan, kali ini banjir setinggi 20 centimeter yang menggenangi jalan raya Cipanas terjadi sore tadi sekitar pukul 18.00 wib.

"Tadi sore hujannya memang sangat deras dan lama sehingga debit air dari aliran sungai meluap," tuturnya saat di konfirmasi.

Deden menceritakan, selain menggenangi puluhan kendaraan yang tengah terparkir di jalan, banjir juga menggenangi beberapa toko dan sebuah rumah makan di sekitar nya.

"Tapi alhamdulilah, airnya sudah surut kembali,setelah beberapa sampah yang menyangkut dibersihkan," paparnya.


Deden menjelaskan, banjir yang kerap menjadi langganan setiap kali hujan deras menimpa kawasan Cipanas. Disebabkan karena faktor dari penyempitan aliran sungai kampung babakan cisarua (BBC).

"Jadi, selain karena banyaknya sampah di aliran sungai, banjir langganan ini di karenakan adanya penyempitan aliran sungai," bebernya.

Sementara itu Koordinator Kebersihan Ketertiban Dan Keindahan (K3) Kecamatan Cipanas Dede Ikhsan mengatakan, guna mengantisipasi kembalinya banjir dan bencana lainnya di wilayah Kecamatan Cipanas dan sekitarnya. Menghimbau kepada warga,agar tidak membuang sampah ke aliran sungai.

"Secara nyata kami lihat banyak sampah di sungai sehingga drainase air mampet dan mengakibatkan air meluap kemudian banjir," pungkasnya. (Ddy).