Fasilitasi Lembaga Desa Untuk Tingkatkan Pelayanan, Pemdes Benda Rehab Kantor

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Fasilitasi Lembaga Desa Untuk Tingkatkan Pelayanan, Pemdes Benda Rehab Kantor

Senin, 23 Desember 2019
Sukabumi - Cek Update
Pemerintah Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan rehabilitasi kantor desa untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Kantor yang terletak di Jalan Raya Siliwangi, Kampung Bangkongreang itu direhab menggunakan dana sebesar 96 juta yang bersumber dari bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat Tahun 2019.

Kepala Desa Benda Riki Rachman, S.Sos menyampaikan rencana rehabilitasi kantor desanya akan diintervensi oleh dua kali anggaran bantuan keuangan provinsi yaitu 2019 dan 2020. Namun hal tersebut bergantung kepada peraturan yang ada di tahun depan terkait diizinkan atau tidaknya.

"Rencananya pengerjaan kita bagi menjadi dua, tahun ini pengecoran dan lain-lain. Sisanya dilaksanakan tahun depan dengan anggaran bantuan provinsi juga, itupun kita lihat tahun depan apa diperbolehkan atau tidak dananya untuk kantor desa, jika nanti ada regulasi yang tidak memperbolehkan, yah saya akan berusaha mencari sumber yang lain," ujar Riki kepada wartawan saat ditemui di kantornya, senin (23/12/19) siang.

Dia juga menjelaskan tujuannya merehabilitasi kantor untuk memfasilitasi ruangan lembaga-lembaga desa, memberikan kenyamanan, baik itu untuk para staf dalam bekerja  ataupun untuk masyarakat yang datang. Intinya, kata dia, demi meningkatkan pelayanan masyarakat.

"Keinginan saya memfasilitasi lembaga-lembaga di Pemerintahan Desa Benda yang selama ini belum memiliki ruang khusus, seperti Karang Taruna, BPD, PKK, Babinkamtibmas dan yang lainnya. Jadi, nanti di lantai dua selain ruang kades kita sediakan ruangan untuk mereka, tiap ruangan ukurannya sekitar 3x4 meter. Lantai bawah itu untuk pelayanan bersama ruang sekretaris dan bendahara desa agar pelayanan lebih leluasa," ungkapnya.

"Saya ingin siapapun merasa nyaman di kantor ini, baik itu staf juga masyarakat yang datang, kita buat senyaman mungkin, tujuan utamanya tentu untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, kalau petugasnya nyaman Insya Allah pelayananpun maksimal," tegas Riki.

Selain itu, dia menambahkan, posisi kantor yang berada tepat di samping jalur utama Bogor-Sukabumi sekaligus sebagai gerbang utara Kabupaten Sukabumi, menjadi motivasi tersendiri untuk terus membangun dan memperbaiki infrastruktur kantor desa.

"Bukan berarti selama ini tidak baik, tapi saya ingin lebih baik, ingin kantor ini lebih sedap dipandang mata karena berada di ujung utara dan menjadi gerbangnya Kabupaten Sukabumi," ujarrnya.

"Semoga semakin hari desa ini semakin maju dan sejahtera," tambahnya dengan penuh harap.

Perihal proses rehabilitasi kantor yang tengah berjalan, Riki memastikan hal tersebut tidak mengganggu pelayanan Pemdes Benda kepada masyarakat.

(Yudi Prangga)