Gempa Tektonik M3.8 Guncang Sukabumi Jawa Barat

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Gempa Tektonik M3.8 Guncang Sukabumi Jawa Barat

Senin, 16 Desember 2019
SUKABUMI - Cek Update
Gempa tektonik dengan kekuatan M=3.8 mengguncangkan wilayah Sukabumi, Jawa Barat dan sekitarnya. Hal tersebut berdasarkan analisa Badan Metodologi dan Giofisika (BMK) yang terjadi pada Senin 16 Desember 2019 diperkirakan sekitar pukul 18:29 WIB.

Pusat guncangan tersebut terletak pada koordinat 7.52 LS - 106.73 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 62 km Tenggara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan kedalaman 30 Kilometer.

Menurut Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho, bahwa. Gempabumi yang terjadi hari ini merupakan gempabumi dangkal, yang disebabkan akibat aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

"Dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG serta berdasarkan laporan masyarakat, Gempa Bumi ini dirasakan dibeberapa wilayah. Diantaranya, wilayah Ciptagelar, Cikidang dengan skala intensitas III MMI. Sementara gempa di Malingping dan Cihara dengan skala Intensitas II MMI," jelas Hendro.

Selanjutnya kata dia, hingga saat ini pihaknya belum mendapat laporan mengenai kerusakan bangunan maupun dampak lainnya yang disebabkan gempabumi tersebut.

"Hingga laporan ini dibuat pukul 20:10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock). Oleh sebab itu kami menghimbau, masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG. Karena kami akan terus memantau perkembangan gempa tersebut." Tutupnya mengakhiri. (uj/BMKG)