HKN Ke-55 Tingkat Kab Sukabumi "Generasi Sehat Indonesia Unggul"

Iklan Semua Halaman

Header Menu

HKN Ke-55 Tingkat Kab Sukabumi "Generasi Sehat Indonesia Unggul"

Senin, 02 Desember 2019
SUKABUMI - Cek Update
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, yang bertema "Generasi Sehat Indonesia Unggul". Dilapang Cangehgar Palabuhanratu, Minggu (1/12). Turut Hadir, Anggota DPRD Kab. Sukabumi, Asisten Daerah, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Direktur RS Pemerintah dan Swasta, Pimpinan Perusahaan dilingkungan pemerintah Kab. Sukabumi.

Bupati Sukabumi membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Terawan Agus Putranto yang menekankan dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas, yaitu Stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional. 

"Selain dua isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi, yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri. Hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya" tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, berbagai keberhasilan pembangunan kesehatan untuk pembangunan SDM telah diraih dari kinerja kabinet lalu yang ditandai dengan adanya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia Indonesia setiap tahun, dimana salah satu parameter yang diukur adalah Usia Harapan Hidup. 

"Isu-isu strategis yang telah dilaksanakan dan menghasilkan perbaikan, antara lain dengan menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dengan menurunnya angka TB dan dalam kurun waktu 5 tahun.

Menurut Plt. Kadis Kesehatan, H. Harun Alrasyid, permasalahan kesehatan yang ada di Kabupaten Sukabumi tentunya, dipengaruhi dari jumlah serta kualitas sumber daya manusia yang belum terpenuhi dan juga cakupan pelayanan kesehatan yang ada pada standar pelayanan minimal bidang kesehatan dari 12 indikator baru hanya 5 yang bisa mencapai 100%. 

"Tentunya ini merupakan tantangan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan seluruh potensi yang ada pada Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi" jelasnya.

Dalam acara tersebut, dilaksanakan pula Pengukuhan Bidan Koordinator dan Perawat Koordinator, Pembacaan Deklarasi ODF , pencanangan 1 perawat 1 desa serta Pembentukan Kampung STBM ditandai Penyerahan kaos, SK dan Plang STBM. Selain itu dilakukan berbagai penyerahan Penghargaan dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke- 55 Tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2019.

Reporter : Jack
Editor : Ade Tri