KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa Resmikan Kodim 1629/SBD Dan Kikav Komodo Ksatria Anuraga -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa Resmikan Kodim 1629/SBD Dan Kikav Komodo Ksatria Anuraga

Rabu, 11 Desember 2019
SUMBA BARAT DAYA - Cek Update
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa bertindak sebagai inspektur upacara saat meresmikan Komando Distrik Militer (Kodim) 1629/SBD dan Kompi Kavaleri Komodo Ksatria Anuraga, di Makodim 1629/SBD, Desa Watu Kawula, Kecamatan Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur, selasa (10/12/2019).

Peresmian diawali dengan pembacaan Peraturan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor 22 Tahun 2019 tertanggal 19 November 2019 tentang Penataan Satuan dan Pembentukan Satuan Baru Jajaran TNI AD, pasal 1, yakni pembentukan Kodim 1629/SBD Korem 161 Wirasakti dan Kompi Kavaleri Komodo Ksatria Anuraga. setelah itu, Kasad  melanjutkan dengan pernyataan peresmian kedua satuan baru tersebut. 

Pada kesempatan tersebut Kasi Intel Korem 161 Wirasakti Kolonel Inf. Fransiscus Ari Susetyo bertindak sebagai komandan upacara. Usai upacara peresmian, sebagai acara tambahan ditampilkan tarian "woleka" secara kolosal oleh beberapa sanggar seni yang ada di Sumba Barat Daya. 
Peresmian Kodim 1629/SBD dan Kikav Komodo Ksatria Anuraga ditandai pula dengan penandatangan prasasti dan penguntingan pita oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa.
Kemudian dia juga menyerahkan sumbangan berupa uang tunai 100 juta rupiah bagi sanggar seni yang telah berpartisipasi dalam upacara peresmian tersebut. 

Sejumlah pejabat dari beberapa kabupaten hadir dalam acara tersebut, diantaranya Bupati Sumba Barat Daya dr. Kornelius Kodi Mete, Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole, Ketua DPRD Sumba Barat Daya Rudolf Radu Holo, Sekda Sumba Barat Daya Drs. Antonius Umbu Zaza, M.Si dan sejumlah unsur Forkompinda lainnya.

Selain itu, upacara peresmian juga dihadiri oleh tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan unsur tokoh masyarakat lainnya yang begitu antusias menyambut gembira peresmian kedua satuan baru TNI AD di bumi Loda Wee Maringi Pada Wee Malala. Sebelumnya, Kasad bersama rombongan disambut Bupati Sumba Barat Daya bersama jajaran Muspida di Bandara Tambolaka untuk kemudian dijamu di Rumah Jabatan Bupati SBD.
Usai jamuan di rumah jabatan bupati, Kasad Jenderal Andika Perkasa dikenakan busana adat Sumba "kalambo-kapouta" oleh Bupati SBD Kornelius Kodi Mete. Berdasarkan pantauan awak media, sepanjang perjalanan dari Rumah Jabatan Bupati SBD menuju lokasi peresmian, Kasad dieluk-elukan dengan lambaian bendera merah putih oleh para pelajar dan guru dari tingkat SD hingga SLA yang ada di Kota Tambolaka. 

Turut mendampingi Kasad, Ketua Umum Persit Kartika Candra Kirana Ny. Hetty Andika Perkasa, Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP beserta ibu, Danrem 161 Wirasakti Brigjen TNI Syaiful Rahman, S.Sos beserta ibu. Selain itu turut hadir pada upacara peresmian ini, Aster Kasad Mayjen TNI Bhakti Agus Fadjari dan ibu, Waasrena Kasad Brigjen TNI Heru Sudarminto dan ibu, Kadispenad Brigjen TNI Chandra Wijaya, Kabinda NTT dan Danlantamal VII/Kupang. Usai peresmian, sebelum kembali ke Jakarta Kasad dan rombongan menyinggahi Pantai Kaghona untuk melepas penat sejenak di sebuah lokasi wisata milik salah satu pengusaha sukses SBD Melkianus Lubalu. *(D5)