Komandan Lanud Suryadarma Pimpin Upacara Hari Bela Negara ke-71

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Komandan Lanud Suryadarma Pimpin Upacara Hari Bela Negara ke-71

Kamis, 19 Desember 2019
SUBANG - Cek Update
Komandan Lanud Suryadarma, Marsma TNI I Wayan Sulaba S.Sos., M.Sc. memimpin upacara Hari Bela Negara ke-71 tahun 2019, di Lapangan Dirgantara Lanud Suryadarma, kamis (19/12/19). Upacara yang diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih dan dilanjutkan pembacaan ikrar Bela Negara, dilaksanakan dengan khidmat serta diikuti oleh anggota Lanud Suryadarma, Wingdiktek dan Wingdikkal.

Danlanud Suryadarma, Marsma TNI I Wayan Sulaba S.Sos., M.Sc membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo, isinya mengatakan bahwa tantangan yang dihadapi bangsa dan negara semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya.

"Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekedar perang militer melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat," ujarnya.

"Dengan demikian tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI," tambahnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, tanpa adanya sikap dan perilaku bela negara, maka pengelolaan negeri yang besar dan luas dengan sumber daya alam yang melimpah tidak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang dicita-citakan oleh seluruh pendahulu bangsa.

Penanaman nilai-nilai dasar bela negara, kata dia, harus dilakukan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat dari beragam profesi tanpa memandang usia, suku, agama dan ras. Sebagai hak dan kewajiban tiap warga negara yang dijamin oleh undang-undang.

"Bagi yang berbakti dalam birokrasi pemerintahan, teruslah mereformasi diri serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik. Yang belajar dan mengajar, teruslah meningkatkan kearifan dan pengabdian masyarakat berbasis nilai-nilai kebangsaan kita. Yang mengabarkan berita, teruslah menjadi penerang informasi masyarakat secara jujur, berimbang dan bertanggung jawab. Yang menjalankan usaha, tingkatkanlah terus daya saing secara sinergis dengan segenap tujuan negara,“ ucap Danlanud menutup pembacaan amanat presiden.

Reporter : Dasep
Editor : Uj