Pamong Budaya Bogor Lestarikan Alam Dan Budaya

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Pamong Budaya Bogor Lestarikan Alam Dan Budaya

Minggu, 01 Desember 2019
BOGOR - Cek Update
Pamong Budaya yang diketuai oleh Bambang Somantri, sukses menggelar acara Ngrastiti Parahyangan Sapta Arga Mandala untuk ruwatan/memelihara beberapa gunung termasuk gunung Panjang /kapur yang berlokasi di desa Cogreg kecamatan Parung. Yang dilaksanakan dari tanggal 31 November sampai 1 Desember 2019 di Kabupaten Bogor.

Menurut Bambang Somantri, seperti kata Mata Sosial Yuk Peduli Yuk Berbagi. Merawat atau memelihara adalah hal yang wajib kita lakukan untuk keberlangsungan ekosistem di alam ini. Gunung atau hutan jika di rawat, dijaga oleh kita semua, itu akan banyak sekali memberi manfaat pada kita semua. Dimana sumber kehidupan dari mulai Sandang, Pangan, Papan kita bersumber dari alam.

"Kita tanami pepohonan, kita tanami bibit ikan di setiap sungainya, yang sudah ada kita jaga dan pelihara. Mari kita jaga bersama-sama. Jangan buang sampah sembarangan, jangan menggunduli hutan dengan liar,  harus bisa menjalakan tebang satu pohon tanam seribu pohon.

Dengan acara ini semoga terjalin silaturahmi untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini. Semoga dengan pendekatan budaya kita bisa melestarikan atau merawat alam sekitar kita dengan senang dan gembira. Karena itu adalah kebaikan yang akan dirasakan oleh kita semua dan anak cucu kita kelak. Saya ucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat sekitar, serta pemerintahan setempat dan juga terimakasih kepada keluarga besar Pamong Budaya dan para tamu undangan lainnya atas kesuksesannya acara ini. Kalau kata Mata Sosial Yuk Peduli Yuk berbagi, semoga Mata Sosial adalag 'mata' kita semua sebagai mahluk sosial". Jelas Bambang Somantri Ketua Pamong Budaya, pada awak media. 01/12/2019.

Terpantau dalam acara ini juga menampilkan banyak kesenian dan kebudayaan seperti padepokan silat dan seni tari dari sanggar Dwipayana Cibinong Bogor, dan masyarakat sekitar serta tamu undangan dari berbagai daerah.

Masih kata Bambang Somantri. "Acara ini pun dihadiri masyarakat sekitar dan dari luar daerah yang begitu antusias menyaksikan dan mengikuti acara ini. Selain itu tamu undangan pun banyak hampir semua hadir. Dari mulai Pemerintahan Kecamatan setempat dan Babinmas ,Babinsa, serta berbagai ormas seperti; BBR, GAPSI, BPPKB, KNPI, dan lainnya. Serta hadir juga para Budayawan Dan Padepokan atau Paguron Pencak Silat se JABOTABEK. Bahkan beberapa perwakilan Budayawan dari Pulau Dewata Bali". Tandasnya.

Ditempat yang sama. Menurut Ki Ghzhoola Bargawaz Kinara sebagai Ketua Pelaksana dalam acara ini menjelaskan. Kehidupan Sosial dan budaya adalah harus terus diorientasikan pada nilai-nilai luhur dalam kehidupan berbangsa dan benegara dan beragama. Mari kita lestarikan Alam lewat pendekatan nilai-nilai luhur budaya itu sendiri.

"Semoga ini kembali menjadi penggugah bagi generasi bangsa bahwa budaya adalah benteng terakhir suatu bangsa. Maka dengan nilai-nilai luhur budaya itu sendiri bisa saling menghargai sesama dan menghargai alam serta menambah rasa syukur kita pada Tuhan Yang Maha Kuasa. Aamiin". Tuturnya.

Ditempat terpisah, saat dihubungi melalui WhatsApp. Ruslan Raya panggilan akrabnya sebagai bagian dari keluarga besar Pamong Budaya Juga sebagai Pendiri Komunitas Mata Sosial menjelaskan. Bahwa dirinya sangat mendukung dan sepakat untuk gerakan-gerakan pelestarian alam dan lingkungan sekitar dengan pendekatan seni budaya dan sosial kemanusian.

"Alhamdulillah saya sama Pak Bambang Somantri Ketua Pamong Budaya selalu aktif berkomunikasi dan bertukar pikiran atau sharing beberapa hal yang berkaitan dengan sosial dan budaya.

" Dulu saya dikenalkan ke Pamong Budaya oleh Agung sahabat saya, beliau salah satu sutradara muda. Semoga Pamong Budaya yang diketuai oleh Bambang Somantri tetap berkarya dan selalu berperan aktif dalam kesenian dan Budaya Sunda di tatar pasundan ini. Walau pun saya tidak bisa hadir dalam acara itu, karena ada beberapa jadwal kegiatan lain. Tapi do'a saya selalu menyertai sahabat-sahabat dikeluarga Pamong Budaya Bogor. Semoga berkah dan sukses. Aamiin". Pungkasnya.


Redaksi Cek Update
Editor : Uj