Pelantikan Kades Terpilih 2019, Begini Pesan Danyon Armed 13 Kostrad Letkol Arm. Micha Arruan

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Pelantikan Kades Terpilih 2019, Begini Pesan Danyon Armed 13 Kostrad Letkol Arm. Micha Arruan

Sabtu, 14 Desember 2019
Sukabumi - Cek Update
Setelah menjalani Bimbingan Teknis (Bimtek) selama beberapa hari, 240 orang kepala desa terpilih dilantik Bupati Sukabumi, di Lapangan Bataliyon Artileri Medan 13 (Yon Armed 13) Kostrad Cikembar Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jum'at (13/12/2019).

Selama penggemblengan hingga pelantikan, para kades yang menjuarai suara dalam pesta demokrasi tingkat desa serentak 2019 itu diberikan berbagai materi mengenai wawasan kebangsaan, bela negara dan kepemimpinan. Danyon Armed 13 Kostrad Letkol Arm. Micha Arruan, SE. MM., mengatakan Yon Armed 13 Kostrad bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) memberikan berbagai materi serta melatih mental dan fisik agar memiliki integritas dalam bertugas.

"Selama 5 hari, dari tanggal 9 sampai 13 Desember 2019 mereka digembleng mental dan fisiknya dengan tujuan semua Kades terpilih mempunyai Integritas dan mampu memiliki konsistensi dalam bertugas," ucapnya kepada wartawan saat ditemui usai acara pelantikan.

"Katakan itu benar apabila benar dan katakan salah bila itu salah," tambahnya.

Dia berharap, selain memiliki karakter sebagai pemimpin, kepala desa juga harus mau dipimpin kerena kepala desa memiliki pimpinan atau atasan dalam struktur pemerintahan.

Selaku pemimpin, kata dia, kades harus melayani dan bukan dilayani, lantaran kepala desa merupakan pelayan masyarakat yang harus mendengar semua keluhan warganya serta mampu memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang ada.

"Kades itu harus peka terhadap keluhan dan aspirasi masyarakat, turun ke lapangan, harus bisa memberi solusi terhadap permasalahan yang ada di tengah warganya. Bukan hanya memberikan janji-janji apalagi memberi harapan palsu, tapi harus direalisasikan. Dan sudah saya sampaikan moto di sini 'Visi Tanpa Eksekusi Merupakan Halusinasi," ujarnya. 

Reporter : Herlan
Editor : Uj