Ratusan Narapidana Cianjur Hari Ini Melaksanakan Shalat Gerhana Matahari -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Ratusan Narapidana Cianjur Hari Ini Melaksanakan Shalat Gerhana Matahari

Kamis, 26 Desember 2019
CIANJUR-Cek Update
Ratusan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Cianjur menggelar shalat gerhana di Masjid At-Taubah yang berada di dalam lingkungan lapas. Kamis (26/12/2019). 

Kepala Lapas kelas II B Cianjur, Gumilar mengatakan, kegiatan salat gerhana mengingat hari ini akan terjadi fenomena gerhana matahari cincin.

"Ini inisiatif dari Lapas Cianjur, dengan adanya fenomena gerhana matahari cincin. Sekaligus memanjatkan doa agar dengan adanya fenomena ini kita semua dijauhkan dari hal buruk,"tuturnya

Gumilar menjelaskan, sedikitnya ada lima ratus lebih narapida yang hari ini mengikuti shalat gerhana "Alhamdulillah kegiatan berlangsung khusyuk," paparnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan dilapangan.Shalat gerhana tidak hanya dilaksanakan dilingkungan lapas saja.Masyarakat muslim luar lapas pun sedang melaksanakan shalat gerhana.

Karena sesuai himbauan yang dikeluarkan  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Cianjur, agar semua muslim Cianjur melaksanakan shalat gerhana.

"Untuk di Masjid Agung digelar pukul 11.30 Wib, diikuti warga sekitar dan pengunjung alun-alun. Disetiap Masjid juga digelar hal serupa, karena dari kemarin sudah kami keluarkan surat imbauan untuk melaksanakan salat Gerhana,"ungkap Wakil Ketua MUI Cianjur, Ahmad Yani.

Ahmad mengatakan, seusai melaksanakan salat gerhana jamaah yang mengikuti kegiatan di Masjid agar melantunkan dzikir dan sholawat.

Seperti yang diketahui,gerhana matahari cincin bisa dilihat hari ini disejumlah beberapa wilayah Indonesia.

Ada lima fase gerhana matahari, yaitu saat kontak awal, kontak kedua, puncak gerhana, kontak ketiga, dan kontak akhir gerhana.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan ada 25 kota/kabupaten di 7 provinsi yang disambangi gerhana matahari cincin. (Ddy)