Ssst! Ada Proyek Siluman Diterminal Cipanas Kabupaten Cianjur

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Ssst! Ada Proyek Siluman Diterminal Cipanas Kabupaten Cianjur

Rabu, 11 Desember 2019
CIANJUR - Cek Update
Gara-gara tidak memiliki plang papan nama, proyek pembangunan terminal cipanas di Desa Cipanas Kecamatan Cipanas,Kabupaten Cianjur. Jawa Barat. Diduga siluman.

Ketua Gerakan Masyarakat Cianjur Utara (Gemacita) Ade Kosasih mengatakan,jika proyek yang tidak memiliki plang informasi atau papan nama maka proyek tersebut, diduga telah melanggar undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

"Proyek tanpa plang nama proyek, melanggar Peraturan Presiden dan Undang-undang. Atau jangan-jangan proyek tersebut merupakan proyek siluman," tuturnya saat di konfirmasi. Rabu (11/12/2019).

Ade menjelaskan, plang informasi atau papan nama proyek wajib di pasang bertujuan agar pelaksanaan setiap proyek dapat berjalan dengan transparan. Dimulai sejak tender atau lelang proyek dilakukan termasuk tender proyek yang dilakukan di badan publik. Kemudian lanjut Ade, sebelum akan melaksanakan pengerjaan fisik pun semestinya pihak pemenang  proyek wajib mengadakan sosialisasi atau pemberitahuan terlebih dahulu kepada warga, pemerintah kecamatan dan pemerintah desa setempat.

"Sehingga warga sebagai pengguna manfaat dari program pembangunan ini,juga tahu ini proyek apa dilaksanakan oleh siapa, teknis pekerjaannya bagaimana serta spesifikasi teknisnya warga pun bisa tahu seperti apa," ungkapnya.

Selain tidak memiliki papan proyek,Ade yang juga menjabat sebagai ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Cipanas mempertanyakan, kualitas dalam pengerjaan proyek tersebut yang menurutnya jika dilihat dari awal pengerjaan hingga selesai akhir tahun 2019. Begitu sangat singkat, proyek yang menggunakan dana APBD Kabupaten Cianjur hingga mencapai ratusan juta rupiah.

"Apakah dengan waktu yang begitu sangat singkat dapat menjamin kualitas mutu pengerjaan dan juga akan selesai dengan waktu yang ditentukan, jangan main main ini anggaran negara artinya uang rakyat juga," pungkasnya. (Ddy)