Tekan Gangguan Kamtibmas Akhir Tahun, Polresta Sukabumi Gelar Rakor Lintas Sektoral

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Tekan Gangguan Kamtibmas Akhir Tahun, Polresta Sukabumi Gelar Rakor Lintas Sektoral

Selasa, 17 Desember 2019
Sukabumi - Cek Update
Menjelang Natal dan tahun baru, Kepolisian Resor (Polres) Sukabumi Kota menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral Operasi Lilin Lodaya 2019 bersama unsur Forkopimda, Ormas dan komponen masyarakat lainnya, di Aula Graha Rekonfu Polres Sukabumi Kota, Selasa (17/12/2019).

Kegiatan yang mengusung tema 'Kita Tingkatkan Sinergitas Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Natal 2019 Dan Tahun Baru 2020 bertujuan membentuk kesiapan Jajaran Polres Sukabumi Kota pada pelaksanaan pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun baru 2020.

Rapat koordinasi dipimpin langsung Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo S.I.K. dan  dihadiri oleh Walikota Sukabumi beserta sejumlah Unsur Forkopimda Kota Sukabumi, tokoh agama, tokoh masyarakat juga undangan lainnya.

AKBP Wisnu Prabowo S.I.K. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan rakor tersebut digelar untuk mengantisipasi pelaksanaan pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2019.

"Operasi akan dilaksanakan selama 10 hari dengan memfokuskan pengamanan pada pusat-pusat keramaian atau titik kumpul masyarakat, seperti tempat ibadah, pasar, tempat wisata dan lainnya," ujar penegak hukum nomor satu di kota sukabumi itu kepada hadirin.

Menghadapi Natal 2019, dia menambahkan, pihaknya terus berupaya sebaik mungkin untuk menekan gangguan Kamtibmas di lokasi tertentu seperti gereja, rumah-rumah, gedung dan tempat lain yang dijadikan sarana beribadah serta pusat keramaian lainnya.

"Agar terciptanya kegiatan peribadatan yang aman dan kondusif," tegasnya.

"Selain perayaan Natal, kita juga perlu mengantisipasi perayaan tahun baru 2020 yang merupakan tradisi masyarakat khususnya di Jawa Barat. Sehingga diperlukan antisipasi dan kewaspadaan terhadap kemacetan, kriminalitas, laka lantas, konflik sosial dan aksi terorisme di pusat keramaian," ucapnya.

Diapun berharap sinergitas antara TNI-Polri serta Instansi terkait dan Komponen Masyarakat lainnya akan lebih terjalin dengan baik sehingga Operasi Lilin Lodaya 2019 di wilayah hukumnya dapat berjalan baik.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, kita semua bisa bekerja sama, bersinergi dan berkoordinasi untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang Kondusif pada perayaan Natal 2019 dan tahun Baru 2020 di Wilayah Hukum Polres Sukabumi Kota," ujarnya lagi.

Di ujung sambutannya, dia menyampaikan jumlah personel yang terlibat pada Operasi Lilin Lodaya 2019 mencapai sekitar 692 personel yang terdiri dari 362 personel Polres ditambah 330 personel gabungan  TNI beserta Instansi terkait dan komponen masyarakat lainnya.

Reporter : Dasep
Editor : Uj