Tuntut Wali Kota Copot Kadis KP3, Mahasiswa Dan Petani Demo Balai Kota Sukabumi

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Tuntut Wali Kota Copot Kadis KP3, Mahasiswa Dan Petani Demo Balai Kota Sukabumi

Jumat, 13 Desember 2019
SUKABUMI - Cek Update
Sejumlah mahasiswa dan pemuda tani yang tergabung dalam GEMA PETANI Sukabumi Raya melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung Balai Kota Sukabumi, jum'at (13/12/19). Mereka menuntut Wali Kota Sukabumi mencopot Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan (DKP3) karena dinilai telah gagal mengurus berbagai permasalahan pertanian di Kota Sukabumi.

Koordinator aksi, Mohamad Davit mengatakan kedatangannya bersama para demonstran bertujuan mengingatkan Pemerintah Kota Sukabumi yang dinilai lemah dalam menjaga lahan pertanian, mereka kwahatir akan terjadi krisis pangan di Kota Sukabumi.

"Hasil kajian dan kroscek ke lapangan, Kami menemukan beberapa permasalan pertanian di Kota Sukabumi. Di antaranya, alih fungsi lahan, Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) yang terindikasi fiktif, serta ketidakberhasilan Pemkot dalam mengimplementasikan Perda Nomor I Tahun 2016 Tentang PLP2B," ujar Davit kepada wartawan saat ditemui usai aksi.

Menurutnya, Pemkot Sukabumi terutama DKP3 tidak serius dalam menangani permasalahan pertanian. hal tersebut, kata Davit, merupakan kegagalan DKP3 dalam menjalankan tugas fungsinya.
"Oleh sebab itu, kami meminta bapak wali kota mencopot Kepala Dinas KP3 dari jabatannya," ucapnya. 

Selain itu, para demonstran juga menuntut  Pemkot Sukabumi melakukan transparansi data intensif  LP2B yang ada beserta lahan pengganti dari LP2B yang telah dialihfungsikan.
"Publikasikan Peta LP2B," tambahnya. 

Aksi yang berlangsung beberapa jam itu harus menuai kekecewaan karena Wali Kota Sukabumi tidak menemui para demonstran, merekapun berencana akan menggelar aksi lanjutan dengan massa yang lebih banyak.

"Karena bapak wali kota tidak menemui kami dan tidak ada upaya memperbaiki kelemahan di sektor pertanian, maka kami akan melakukan aksi lanjutan dengan massa yang lebih banyak," ujarnya.

Sebelum melakukan aksi, para demonstran berjalan kaki (longmarch) dari Lapang Merdeka sampai depan gedung Balai Kota Sukabumi, aksi mereka dikawal ketat oleh kepolisian. Hingga mereka membubarkan diri, aksi unjuk rasa berjalan aman dan kondusif.

Kontributor : M. Afnan
Editor : Uj