IGTKI Bersama PGRI Sosialisasikan Pendidikan Karakter dan Nasionalisme Harus Dilakukan Sejak Dini -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

IGTKI Bersama PGRI Sosialisasikan Pendidikan Karakter dan Nasionalisme Harus Dilakukan Sejak Dini

Kamis, 30 Januari 2020


SUKABUMI, Cek Update - 
Ikatan Guru Taman Kanak Kanak Indonesia (IGTKI) dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Sukabumi bekerja sama dengan Kwarda Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Orientasi Tekhnik Pra-Siaga, acara dibuka oleh Bupati Sukabumi H Marwan Hamami di Aula Pendopo Sukabumi. Kamis (30/1).

Kegiatan yang mengusung tema "prasiaga wahana pengembangan karakter kebangsaan" yang di 
hadiri ratusan Guru se-Kab. Sukabumi. 

Menurut Ketua IGTKI PGRI, B. Mulyati   menjelaskan bahwa kegiatan tersebut di laksanakan untuk menerapkan pendidikan karakter sejak dini serta mensosialisasikan peluncuran pra-siaga pendidikan anak di usia dini. 

"kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 30/31 Januari, dengan peserta dari anggota IGTKI dan Guru TK se Kab. Sukabumi sebanyak 270 orang".

Sementara itu Bupati Sukabumi H Marwan Hamami menjelaskan bahwa pembentukan karakter bangsa harus dilakukan sedini mungkin. 

"pendekatan tersebut sesuai dengan pendidikan anak usia dini yang mengedepankan belajar sambil bermain dalam suasana menyenangkan, oleh karena itu pembentukan karakter pada usia dini dapat dilakukan melalui kepramukaan pra siaga, " ungkapnya. 

Selain itu, H Harwan Hamami menambahkan Pra-Siaga sudah di perkenalkan sejak tahun 2010 oleh gerakan Pramuka Kwartir Nasional (KWARNAS) dan sudah diterapkan di Provinsi Jawabarat.

"jadi Pra-Siaga IGTKI PGRI menjadi awal penanaman jiwa Nasionalisme, kemandirian, pengembangan karakter positif dan penanaman awal jiwa kepemimpinan yang paling dasar oleh para Guru Tk kepada peserta didik pada tingkat Usia dini, " Tambahnya.

Karena itu, menurutnya  Pra-Siaga di jadikan solusi praktis bagi penguatan pendidikan karakter di satuan PAUD dan di satuan Komunitas Pramuka melalui pendekatan bermain sesuai yang di amanatkan  pasal 1 dalam PP 87/2017".

"tentunya guru taman kanak kanak harus mengikuti perubahan yang begitu pesat,  dalam ikhtiarnya mencetak anak anak yang cerdas, soleh, solehah dan berkarakter islami dan Qurani guna mewujudkan Kab. Sukabumi yang maju, mandiri, religius dan bermartabat, " pungkasnya

Dalam acara tersebut Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyaksikan Pengalungan Scarf kepada 2 orang perwakilan peserta IGTKI oleh ketua IGTKI PGRI Prov. Jabar.

Reporter : Jay