Bangun Dua Titik Jaringan Rehabilitasi Saluran Irigasi Tersier Kota Sukabumi.

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Bangun Dua Titik Jaringan Rehabilitasi Saluran Irigasi Tersier Kota Sukabumi.

Kamis, 07 Mei 2020
SUKABUMI - Cek Update. 
Peletakan batu pertama Pembangunan Rehabilitasi Jaringan Saluran Irigasi Tersier   yang berlokasi di Kampung Lembur Tipar Rt. 03 Rw. 08 dan dilanjut di kampung Bojongloa Rt. 03 Rw. 09 Kelurahan Lembursitu Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi. Kamis 7 Mei 2020.

Peletakan Batu Pertama oleh Kasi pembangun Kecamatan Lembursitu, di dampingi Lurah, Dinas Pertanian, Babinsa, Babinkantibmas,Team Penyuluh Pertanian DPP ( Badan Penyuluh Pertanian ) Lembursitu, Ketua Gapoktan, maksud dan tujuannya untuk melancarkan saluran irigasi para petani dan menjaga ketahanan pangan.
Nugroho Budi Rahayu Team Penyuluh Dinas Pertanian Menyampaikan salah satu untuk memastikan keberhasilan tahanan pangan diantaranya terkesedian air. "Air itu pokok dalam budidaya padi khusunya dari sisi irigasi yang harus di benahi itu ada kegiatanya yaitu RJIT ( Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier ) adalah saluran irigasi yang langsung menuju ke kotak - kotak persawahan melalui pedekatan pengusulan gapoktan lembursitu.

"Hal ini gapoktan mengusulkan kedua kalinya, sekitar 500 meter tahun sekarang mendapatkan perogram RJTI ( Rehabilitasi  jaringan tersier irigasi ) yang harus direhabilitasi untuk dibangun jaringan tersier karena kondisinya yang sudah rusak,"Katanya.

Kami masih kata Budi, memastikan kesedian air yang ada dihilir, pembangunan ini memang dituntut agar segera di laksanakan pembangunannya melibatkan gapoktan, dari dinas pertanian hanya mendampingi dan memastikan pembangunanya selesai dengan baik dan pungsinya juga sesuai apa yang di rencanakan dalam RAB.

Ketua Gapoktan Lembursitu Asep Suardi Mengungkapkan Mengenai pembangunan irigasi tersier itu memang sudah ada alokasi anggaran dari pemerintah irigasi sangat penting dan perlu perawatan di saat sekarang ini luas area persawahan mencapai sekitar 100 hektar lebih.

" Irigasi mampu cepat berjalan produksi perhektarnya hampir 7 ton ini aset kelurahan lembursitu justru kami ingin meningkatkan produksi dari pada pertanian yang ada diwilayah lembursitu khususnya dalam satu unit gapoktan karna wilayah kerja,"ucapnya. 
**(Arif).