Minimalisir Dampak Covid-19, PT AGM Babakan Pari Lakukan Padat Karya Petani Taman Kehati

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Minimalisir Dampak Covid-19, PT AGM Babakan Pari Lakukan Padat Karya Petani Taman Kehati

Kamis, 14 Mei 2020

SUKABUMI, Cek Update -
Di tengah merebaknya wabah covid 19, tentu saja berdampak bagi masyarakat terutama para petani yang menggarap lahan di taman kehati PT AQUA GOLDEN MISSISSIPPI Babakan pari. Turunnya permintaan pasar akan sayuran dan kegagalan panen karena hama dan cuaca yang tidak menentu membuat nasib para petani ini sangat memprihatinkan.

Dalam melanjutkan program CSR AGM Babakan Pari di tahun 2020 ini dilakukan padat karya dengan melakukan kegiatan-kegiatan intensifikasi pertanian dan pengembangan budidaya tanaman herbal.

Menurut Dodi Rusdiansyah selaku coordinator CSR AGM babakan pari menjelaskan bahwa kegiatan CSR ini dilakukan melalui mitra yayasan Darojatun Qolbu dengan melakukan pendampingan kepada kelompok tani sejak tahun 2015 yang lalu. 

"Program ini merupakan program konservasi pengelolaan keanekaragaman hayati (kehati) berbasis pemberdayaan ekonomi masyarakat," ungkapnya. 

Kelompok tani yang ada di taman kehati ini mengelola lahan dengan memelihara keragaman pohon yang ada dan bercocok tanam di bawah tegakan dengan sistem tumpang sari. "Selain manfaat terjaganya ekosistem flora maupun fauna, taman kehati ini juga bermanfaat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya para petani taman kehati," tambahnya.

Selanjutnya juga dalam melakukan kegiatan program CSR, AGM babakan pari mengikuti prosedur protocol covid-19. " Dengan menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan dengan hand sanitizer," ujar Dodi.

Selanjutnya Ayi Kurniawan selaku pendamping program dari yayasan darojatul qolbu mengatakan bahwa dalam program padat karya ini telah dilakukan kegiatan pembuatan jamu imun tubuh yang sangat diperlukan di tengah wabah covid 19. 

"Petani tidak hanya menanam jenis herbal seperti jahe wangi, tetapi dilakukan pula pengolahan dari produk tersebut berupa produk wedang jahe yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh," tuturnya. 

Ayi pun menambahkan akan support petani mulai dari pelatihan pembuatan, pengemasan sampai kepada pemasaran produk. "Kami pun bekerjasama dengan tim relawan ruang peduli untuk membantu memasarkan produk tersebut," imbuh Ayi.

Dengan adanya kegiatan padat karya ini setidaknya dapat mengurangi cerita kesedihan para petani jika mereka diberdayakan dengan adanya tambahan masukan penghasilan ekonomi bagi keluarganya.

Reporter : Jack