Bansos Covid -19 Dituding Tidak Merata,Ratusan Warga Geruduk Kantor Desa Jayagiri

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Bansos Covid -19 Dituding Tidak Merata,Ratusan Warga Geruduk Kantor Desa Jayagiri

Selasa, 23 Juni 2020

CIANJUR - CekUpdate
Ratusan warga Desa Jayagiri Kecamatan Sukanagara,Kabupaten Cianjur.Jawa Barat.Menggeruduk kantor balai Desa pada Senin kemarin (22/6/2020).Mereka mempertanyakan penyaluran bantuan sosial tunai (BST) covid-19 tidak transparan.



Sehingga banyak warga yang kurang mampu malah tidak mendapatkan bantuan. Warga pun menuding pembagian BST oleh Desa diberikan hanya kepada orang tertentu saja.



Akah (40) tokoh masyarakat sekitar mengatakan,dalam orasinya ia meminta kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Jayagiri untuk adil dan transparan dalam menyalurkan program bantuan sosialnya.



Menurutnya baik bantuan yang disalurkan melalui anggaran Dana Desa (DD),Pemerintah Pusat maupun bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur.



"Jadi jangan sampai warga yang tidak layak menerima bantuan mendapatkan bantuan,sementara warga yang betul betul membutuhkan bantuan sama sekali tidak mendapatkan bantuan," ungkapnya.



"Sehingga alasan inilah yang mendorong kami untuk datang ke kantor Desa kami untuk mempertanyakannya," terangnya.



Sementara itu Kepala Desa (Kades) Jayagiri Wawan S mengatakan,berjanji semua aspirasi warga yang hari ini sudah disampaikan kepada Pemerintahan Desanya akan segera ditindaklanjuti.



'Saya akan segara mengajukan langsung kepada Pemerintah Daerah (Pemda),Pemerintah Provinsi (Pemrov) maupun Pemerintah
Pusat,"tuturnya.



Kades menjelaskan,berdasarkan data  Desa ada 173 orang yang sudah mendapatkan BST dari Provinsi Jawa Barat.Sementara bantuan dari program keluarga penerima manfaat (KPM) ada 86 orang dan bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) ada 400 orang.



"Dari anggaran DD yang akan disalurkan nanti di BLT dari jumlah 500 orang hanya bisa menerima 182 orang," tukasnya.(Ddy).