85 Persen Masyarakat Kertajaya, Hidupnya Bergantung di Pertambangan -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

85 Persen Masyarakat Kertajaya, Hidupnya Bergantung di Pertambangan

Rabu, 15 Juli 2020


SUKABUMI - Cekupdate
Untuk menghidupi kelurganya hampir 85 persen masyarakat kertajaya berprofesi sebagai penambang emas yang berada kampung Kiara dua, RW 8 Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Hal tersebut diungkapkan kepala Desa Kertajaya, Asep Yusnandar, bahwa. Usaha tambang emas tersebut sudah dari dulu dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak, mulai yang muda, tua, bahkan hingga lansia. Mereka semua bergantung pada pertambangan.

"Oleh sebab itu warga kertajaya dari tahun 2007 terus berupaya meminta pemerintah memberikan legal aspek yang jelas terkait penambangan di desa ini," ungkap Asep Yusnandar kepada Cekupdate.  Rabu, (15/07/20).

Selanjutnya kata Asep, meskipun aktifitas penambangan tersebut bertentangan dengan aturan, namun kata dia, kondisi di lapangan sangatlah kondusif. baik itu keselamatan kerja maupun benturan fisik itu tidak pernah terjadi.

"Alhamdulillah selama aktifitas tambang ini berjalan, tidak pernah terjadi hal yang tidak inginkan. Dan itu terpantau oleh muspika setempat," tutur Asep.

Sementara ditempat berbeda, Mitra Kamtib koperasi Penambang Sukabumi (KPS) Aji Gunawan menambahkan bahwa, meskipun di tengah masa Pandemi Corona saat ini, tetapi kondisi tersebut tidak terlalu berpengaruh buat warga kertajaya.

"Warga disini masih bisa mengais rejeki seperti biasa, yaitu melakukan aktifitas penambangan emas. Oleh karena itu warga Desa Kertajaya berharap banyak, mudah mudahan pertambangan tersebut bisa dilegalkan oleh pemerintah. Mengingat ini satu satunya tempat warga mencari nafkah saat ini," pungkasnya.

Reporter : ILham Nugraha
Editor.     : MS Fa'is