Marak Pemberitaan Iyos Maju di Pilkada, Begini Tanggapan Sekertaris DPD Nasdem -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Marak Pemberitaan Iyos Maju di Pilkada, Begini Tanggapan Sekertaris DPD Nasdem

Kamis, 23 Juli 2020


SUKABUMI - Cekupdate
Maraknya Pemberitaan mengenai kesiapan Sekertaris Daerah Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang rencananya akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang, membuat beberapa partai angkat bicara.

Salahsatunya Sekertaris Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD partai Nasdem Dadang Sopandi, mengatakan bahwa. Sampai saat ini Iyos belum masuk kategori pelangggaran Aparatur Sipil Negara (ASN)  karena kapasitas Iyos masih sebagai Sekertaris Daerah.

"Menurut opini yang dibangun di masyarakat, pak Iyos melanggar aturan ASN itu tidak benar." Kata Dadang kepada cekupdate.com dikantor Desa Tenjolaya, kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Kamis, (23/07/20).

Menurutnya, sesuai peraturan UU ASN Pengunduran diri itu dilakukan pada saat yang bersangkutan telah ditetapkan sebagai Calon Kepala Daerah oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"kalau menurut kesekdaaan tidak melanggar, karena dia masih sebagai Sekda. Jadi jangan sampai mengkaburkan sistem ini bahwa pak iyos melanggar KPU," jelas Dadang

Selanjutnya kata dia, ketentuan kewajiban ASN mengundurkan diri dari jabatannya itu tertuang dalam Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan WaliKota.

"Pasal 7 Ayat (2) huruf t menyebutkan, calon Bupati dan calon Wakil Bupati harus menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai PNS sejak ditetapkan sebagai pasangan calon peserta pemilihan, jadi dalam hal ini jelas H Iyos tidak melanggar," tegasnya.

Reporter : ILham Nugraha
Editor      : MS Fa'is