Peresmian Lembur Tohaga "Setda" Dorong Wisata Baru di Desa Girijaya -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Peresmian Lembur Tohaga "Setda" Dorong Wisata Baru di Desa Girijaya

Selasa, 14 Juli 2020


SUKABUMI - Cekupdate.com
Bentuk keseriusan serta kerjasama antara masyarakat dengan Pemerintah Desa Girijaya dalam mengatasi dampak pandemi Virus Corona, mendapat apresiasi dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Sukabumi yang diwakili Sekertaris Daerah H Iyos Somantri.

Setda (Iyos Somantri) yang juga merupakan Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Sukabumi akan mendorong Desa tersebut supaya memiliki tempat Wisata Baru yaitu Curug Pelangi dan Curug Pilung yang hari ini sudah ramai dikunjungi warga.

"Saya akan perintahkan Dinas Pariwisata untuk bisa berkolaborasi dengan Pemdes Girijaya supaya memiliki wisata baru," ungkap Iyos Somantri usai meresmikan Lembur Tohaga yang berlokasi di Padepokan Girijaya Rt 10/04, Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Selasa (14/07/2020).

Menurutnya, dengan diresmikannya Lembur Tohaga atau kampung Tangguh tersebut, tentunya kita harus mampu mempertahankan ketangguhannya.

"Intinya kita harus tangguh dari beberapa sisi. Mulai dari ketahanan pangan, kemandiriannya, sumberdaya manusianya, dan tangguh juga kesehatan serta budayanya," kata Iyos.

Oleh sebab itu kata dia, Pemerintah Daerah akan mendorong desa ini agar menjadi tangguh yang sebenarnya. "Mulai dari wisata, potensi usaha bunga potongnya, budidaya Ulat Jerman serta pelestarian budayanya. Itu semua akan kita koordinasikan dengan Dinas - dinas terkait agar bisa berkolaborasi," pungkasnya.

Sementara Camat Cidahu Eri S Tanto dalam sambutannya menjelaskan bahwa, berkat upaya serta kerjasama berbagai pihak bersama Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kecamatan kini Wilayah Cidahu sudah masuk Zona hijau.

"Usai perpanjangan PSBB ke Empat, dari data Enam orang yang positif terus berkurang menjadi Tiga. Kemudian alhamdulilah sekarang sisanya nol," papar Camat.

Dengan demikian kata dia, dirinya meminta kepada masyarakat untuk bisa memahami kondisi New Normal saat ini.

"New Normal itu bukan berarti sudah bebas seperti biasa, tetapi ini justru tugas kita lebih berat. Intinya kita harus sadar dengan Adaptasi Kebiasaan Baru atau AKB, mulai dari memakai masker, jaga jarak hingga rajin mencuci tangan," Tegas Camat.

Reporter : MS Fa'is