Tinjau Budidaya Ulat Jerman Di Girijaya, "Setda" Akan Dorong Permodalan -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Tinjau Budidaya Ulat Jerman Di Girijaya, "Setda" Akan Dorong Permodalan

Selasa, 14 Juli 2020


SUKABUMI - Cekupdate
Selain meresmikan Lembur Tohaga atau Kampung Tangguh yang berlokasi di Kampung Padepokan Girijaya RT 10/04 Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu. Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Sukabumi, H Iyos Somantri juga turut melakukan peninjauan terkait ketangguhan warga dalam menjaga ketahanan pangannya, salahsatunya tempat Budidaya Ulat Jerman milik warga di RT 09/04.

Usai melakukan peninjauan tersebut Setda berencana akan berkoodinasi dengan dinas terkait untuk mendorong permodalan warga.

"ini merupakan salahsatu bukti ketangguhan warga dari segi ketahanan pangannya, yaitu dengan membudidayakan Ulat Jerman. Meskipun untuk saat ini mereka terkendala permodalan. Oleh sebab itu kami akan mendorong modalnya melalui dinas terkait," ungkap H Iyos Somantri di sela Acara. Selasa (14/07/20).

Selanjutnya kata dia, dengan diresmikannya Lembur tohaga tersebut, diharapkan masyarakat disini mampu melakukan pencegahan Covid 19. Termasuk tangguh dari beberapa sisi, mulai dari Sumberdaya manusianya, ketahanan pangan, kesehatan serta tangguh juga budayanya.

"Intinya masyarakat disini tidak semata mata menetapkan Desanya menjadi Lembur Tohaga, kalau kriteria yang sudah saya sebutkan diabaikan," pungkas Setda.

Sementara pengelola Ulat Jerman, Jajat (50) menyampaikan bahwa, budidaya ulat tersebut dia anggap bisa mendongkrak perekonomian warga khususnya di masa Pandemi seperti saat ini.

"Pelihara ulat jerman itu selain tidak terlalu sulit juga sangat mudah memasarkannya. Kemudian tidak banyak menyita waktu," tuturnya.

Selanjutnya ia menambahkan, namun melihat kondisi saat ini meskipun usaha ulat jerman ini menggiurkan hasilnya tetapi warga terkendala modal awal untuk beli bibitnya.

"Dengan demikian saya berharap kunjungan Pak Setda hari ini bisa membawa perubahan buat usaha kami ke depan, mudah mudahan H Iyos bisa mendorong membantu mengusulkan permodalan," harapnya.

Reporter : MS Fa'is