Dinilai Menghambat Budidaya Ikan,Puluhan Petani KJA Waduk Cirata Bersihkan Eceng Gondok -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Dinilai Menghambat Budidaya Ikan,Puluhan Petani KJA Waduk Cirata Bersihkan Eceng Gondok

Sabtu, 08 Agustus 2020


CIANJUR-CekUpdate
Puluhan warga yang terdiri dari berbagai kelompok tani jaring apung melakukan aksi bersih-bersih eceng gondok, Sabtu (8/8/2020). Mereka terjun langsung, memunguti tanaman hama yang berada di waduk cirata blok babakan garut Desa kertajaya gunungsari Kecamatan ciranjang,Kabupaten Cianjur.Jawa Barat.



Mamad (42) salah satu petani jaring apung mengungkapkan,tujuan dilaksanakannya aksi bersih-bersih enceng gondok tersebut  yakni untuk menekan populasi tanaman yang semakin hari kondisinya sangat memperihatinkan.



"Karena kalau tidak segara dibersihkan juga,segala aktivitas para petani dan nelayan tangkap di perairan jadi terhambat sehingga budidaya pertumbuhan ikan juga jadi berkurang,"tuturnya saat dikonfirmasi.



Mamad menjelaskan,aksi ini sudah dilakukannya bersama puluhan petani jaring apung lainnya.Sejak (26/7/2020) lalu dan murni tanpa adanya bantuan dari pemerintah setempat.



"Setiap harinya ada 50 petani yang terlibat,sementara eceng gondot yang sudah berhasil diangkat ke daratan sedikitnya ada 50 ton lebih,"ungkapnya.



Mamad pun berharap,kedepan ada upaya pemerintah menghimbau untuk mendorong kesadaran masyarakat  petani untuk ikut serta memelihara lingkungan perairan waduk cirata.Dengan melaksanakan pembersihan eceng secara berkala bersama sama.



"Serta upaya pemerintah terkait untuk membantu para petani turun membantu penanganan hama eceng gondok ini," pungkasnya.(Ddy).