Bau ! Tumpukan Sampah Di TPS Desa Ciherang Rusak Hasil Pertanian Warga -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Bau ! Tumpukan Sampah Di TPS Desa Ciherang Rusak Hasil Pertanian Warga

Kamis, 03 September 2020

CIANJUR- CekUdate
Sampah tampak menggunung di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang berada di Kampung Buniaga Desa Ciherang,Kecamatan Pacet.Kabupaten Cianjur.Jawa Barat.Kamis (3/9/2020).



Pantauan CekUpdate dilapangan, tumpukan sampah yang menggunung tersebut tingginya lebih kurang tiga meter.Walaupun sampah sudah menggunung dan meluber hampir memakan semua badan jalan, warga dari berbagai wilayah terus berdatangan untuk membuang sampah di TPS tersebut.



Epul (50) salah satu warga sekitar mengatakan,fenomena terus menggunungnya sampah tersebut terjadi setelah lebaran Idul Fitri kemarin.



"Diangkutnya oleh petugas kebersihan cuma sehari sekali sementara volume sampah yang dibuang ke TPS ini lebih dari yang diangkut," ungkapnya saat dikonfirmasi.



Sehingga menurut Epul,hal tersebut menjadi penyebab sampah terus menumpuknya di TPS  tersebut."bukan habis diangkut malah terus bertambah sampahnya,"ungkapnya.



Epul menambahkan,selain mengganggu kesehatan karena bau busuk yang menyengat disekitar TPS.Sampah yang menggunung di TPS tersebut juga merusak hasil pertaniannya yang lokasinya hanya beberapa meter dari tempat TPS.



"Terutama hasil pertanian buah buahan,seperti cabai dan kacang kacangan pasti gagal panen karena d kerubutin oleh lalat dari tempat sampah," paparnya.



Epul berharap,Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur segera menyelesaikan persoalan sampah tersebut.



"Kalau tidak bisa ditangani dengan baik,lebih baik dipindahkan saja tempat TPS," pungkasnya.(Ddy).