Patuhi Protokol Kesehatan, Seren Tahun di Girijaya Tetap Meriah -->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Patuhi Protokol Kesehatan, Seren Tahun di Girijaya Tetap Meriah

Selasa, 08 September 2020


SUKABUMI - Cekupdate
Meskipun ditengah situasi Pandemi Covid-19, kegiatan acara Seren Tahun/Mapag Tahun atau yang dikenal dengan acara Syukuran sedekah bumi yang rutin digelar setiap tahun yakni di bulan Muharram tepatnya di Padepokan Desa Girijaya, Kecamtan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Tetap terlaksana dengan meriah.

"Acara pawai Dongdang tahun ini cukup meriah meskipun hanya digelar secara sederhana. Dan hanya diikuti oleh warga sekitar, mengingat kondisi saat ini sedang Pandemi Covid-19," ungkap Warga Padepokan Girijaya, Bah Maman kepada Cekupdate disela acara. Selasa (08/09/20) 1442 H.

Menurutnya, acara Seren Tahun tersebut merupakan warisan leluhur nenek moyangnya yang dilakukan secara turun temurun oleh warga setiap bulan Muharram.

"Kegiatan ini merupakan acara syukuran dari hasil bumi yang sudah kita peroleh, mulai dari Padi, Sayuran, Palawija dan yang lainnya. Dengan tujuan agar kita mendapat keberkahan serta pertaniannya tumbuh subur. Oleh karena itu Pawai Dongdang pun dilakukan secara unik, selain memakai pakaian adat wargapun sambil membaca Do'a dan Sholawat," tuturnya.

Lebih lanjut Bah Maman menambahkan, kegiatan tersebut biasanya dihadiri puluhan ribu pengunjung dari berbagai wilayah.

"Setiap tahun itu biasanya kurang lebih dihadiri 39000 pengunjung dari berbagai wilayah. Namun karena kondisi saat ini sedang Pandemi Covid-19, jadi acara Seren Tahun kali ini hanya digelar secara sederhana," paparnya.

Dengan demikian kata dia, melalui syukuran tersebut dirinya berharap semua diberikan keberkahan dan penyakit yang sedang melanda negeri ini bisa cepat hilang.

"Tentunya Warga Padepokan Girijaya pun ikut mendoakan, agar penyebaran Virus Corona ini cepat hilang dan mudah-mudahan di tahun depan acara Pawai Dongdangnya bisa dilaksanakan lebih meriah lagi dari biasanya," harapnya.

Kontributor : M Rizwan
Editor          : MS Fa'is